UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA MTs

Authors

  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fina Faula Arina Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Uji Validitas, Pengembangan LKS matematika, Berbasis pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan aritmetika sosial yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan pengembangan LKS matematika berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII, 2) mendeskripsikan kualitas pengembangan LKS matematika berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII MTs. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE ini terdapat lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap desain (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah validasi LKS. Validasi dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kevalidan. Adapun kriteria penyusunan LKS yaitu: 1) dari segi materi, 2) segi media, 3) segi bahasa. Hasil dari penelitian ini adalah LKS matematika berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian yang mendapat validasi ahli materi sebesar 80,5% dengan rata-rata 4, ahli media sebesar 76,6% dengan rata-rata 4,2, ahli bahasa sebesar 80,5% dengan rata-rata 3,9 dan ahli pendekatan saintifik sebesar 77,3% dengan rata-rata 3,9. Setelah melalui tahapan validasi kepada validator ahli matematika dinyatakan sangat baik. Persentase data kevalidan ahli yaitu 78,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS ini valid.

References

Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Gava Media, 2014), hal 60.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Pertama). Jakarta:Kencana.

Kurniasih, I. 2014. Sukses Meng implementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.

Munawaroh, M., & Sulistyaningrum H. 2019. Pengembangan Komik Matematika BTVH Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Teladan. Vol. 4 No. 2, 128-134.

Tinarti, E. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter Religi pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMP. Sripsi Tidak Diterbitkan: Universitas PGRI Ronggolawe.

Syafa’ah, Alfiyatus. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Materi Pokok Konsep Pembagian dengan Pendekatan Inquiry Siswa Kelas III SDN Jatimulyo II Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: UIN Maula Malik Ibrahim.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Sulistyaningrum, H., & Arina, F. F. . (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA MTs. Prosiding SNasPPM, 5(2), 345–348. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/435