UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LKS MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN YANG TERINTEGRASI PADA KEARIFAN LOKAL TUBAN

Authors

  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Ronggolawe
  • idawati idawati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan, LKS, Kearifan Lokal

Abstract

Kurangnya minat dan motivasi siswa MA Hidayatul Islamiyah Plumpang untuk mempelajari matematika. Hal ini dikarenakan LKS yang digunakan kurang bervariasi dan tampak biasa, beberapa soal pada matematika saat ini kurang diintegrasikan dalam kehidupan sehari-hari menjadikan siswa kesulitan dalam mengerjakan soal berbentuk cerita dan juga masih banyak siswa yang belum mengerti atau mengenal kearifan lokal yang ada di Tuban. Dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian pengembangan LKS yang bertujuan untuk menarik minat dan motivasi siswa untuk mempelajari matematika sehingga siswa akan mudah dalam menyelesaiakan soal berbentuk cerita serta untuk lebih mengenalkan kearifan lokal yang ada di Tuban kepada siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D Thiagarajan, model ini memiliki 4 tahapan yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Dalam penelitian ini hanya pada tahap Develop (Pengembangan) yaitu uji validasi para ahli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi para ahli. Aspek kevalidan meliputi hasil validasi materi, media, dan bahasa. Hasil penilaian kualitas LKS berdasarkan aspek kevalidan memperoleh nilai rata-rata presentase validasi materi 84,8%, presentase validasi ahli media 83,3% dan presentase validasi ahli bahasa 84,7%. Rata-rata presentase validasi semua ahli diperoleh 84,3% dan dinyatakan valid/tidak revisi.

References

Munawaroh, M., & Sulistyaningrum, H. 2019. Pengembangan Komik BTVH Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Teladan. Vol.4, No.2, hal 127-134.

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Nugraha, A, A., 2019. Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Topik Teorema Phytagoras yang Terintegrasi pada Kegiatan Pramuka Penggalang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surabaya: STKIP Al Hikmah

Rosyidah, A. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontruktivisme pada Materi Trigonometri. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe.

Primadi, L. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berbasis Komunikasi Visual Bermuatan Lokal pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Subtema Ayo Cintai Lingkungan Untuk SD Kelas VI, (Online), (https://eprints.uny.ac.id/44795/, diakses pada 9 Mei 2020).

Hidayah, N. 2018. Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran Quantum Learning pada Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Sulistyaningrum, H., & idawati, idawati. (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LKS MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN YANG TERINTEGRASI PADA KEARIFAN LOKAL TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 349–353. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/436