UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CTL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII
Keywords:
video scribe, berbasis CTLAbstract
Ilmu pengetahuan dibidang teknologi komunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat dan untuk selanjutnya berpengaruh terhadap pola komunikasi di dalam masyarakat. Adanya instrumen teknologi komunikasi seperti tv, radio, video dan komputer memberi arti tersendiri bagi proses komunikasi antar manusia. Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran video Scrib berbasis CTL untuk materi matematika pada materi persamaan dan pertidaksaman linear satu variabel yang layak untuk pembelajaran meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik SMP/MTS”. Dalam video tersebut peneliti memberi penjelasan terkait materi pesamaan dan pertidaksaman satu variabel dalam mata pelajarn matematika kelas VII semester 1. Instrumen pengempulan data ada dibagai menjadi tiga, yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil dari penelitian ini adalah video scribe berbasis CTL. Setelah melalui tahap uji validasi dinyatakan sangat baik. Presentase data kevalidan 80%, data kevaliditas kepraktisan 87%, data keefektifan 84% .
References
Cintamulya, I. 2015. Tinjauan Tentang
Teknologi Dan Pembaruan. 1(2), 82–94.
Rohani, R. 2019. Media pembelajaran.
Inayah, S. 2011. Studi korelasi
pembelajaran dengan pendekatan CTL
(contextual teaching and learning) dengan
prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa
kelas V di MI Mambaul Ulum Kayen Pati
tahun pelajaran 2010/2011. IAIN
Walisongo.
Sri Murtini, M. S. 2018. Dampak
Pengembangan Pariwisata Pantai Pasir
Putih Remen Terhadap Kondisi Sosial
Dan Ekonomi Masyarakat Sekitar Di
Dusun Remen Desa Remen Kecamatan
Jenu Kabupaten Tuban. Pendidikan
Geografi.
Susanto, Y. 2020. Analysis Of Japanese
Correspondence Using CTL Components.
Jurnal Kata: Penelitian Tentang Ilmu
Bahasa Dan Sastra, 1, 1–9.
K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.