VALIDITAS PENGEMBANGAN LKS BERBASIS LEVEL SCAFFOLDING DALAM MENGEMBANGAN BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP

Authors

  • Warli Warli Universitas PGRI Ronggolawe
  • Candra Murtia Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Validitas, Pengembangan LKS, Scaffolding, Berpikir Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis level scaffolding untuk mengembangkan berpikir aljabar siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4D Thiagarajan yang meliputi Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). LKS dikembangkkan mengikuti tahapan model pengembangan Thiagarajan dan merujuk pada level scaffolding yang dikembangkan oleh Anghileri (2006) serta indikator berpikir aljabar yang meliputi : alat berpikir matematika dan ide dasar. Untuk menilai kualitas LKS berbasis level scaffolding yang dikembangkan digunakan kriteria Nieveen (1999), yaitu memenuhi validitas, praktibilitas, dan efektivitas. Tetapi karena keterbatasan di masa pandemi COVID-19 hanya dilakukan uji validitas. LKS yang dikembangkan dapat digunakan oleh siswa kelas VII SMP. Untuk menguji validitas LKS berbasis level scaffolding digunakan instrumen lembar validasi yang sudah diuji kevalidannya. LKS duji validitasnya oleh 3 orang validator, meliputi guru matematika dan dosen. Aspek yang dinilai berupa kelayakan isi, penyajian, kegrafisan dan bahasa. Jenis data penelitian tersebut dianalisis secara deskriptif dengan kriteria skala Likert. Dari hasil validasi yang divalidator ahli menunjukkan bahwa LKS berbasis level scaffolding memenuhi kategori valid dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika siswa SMP kelas VII.

References

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Warli, W., & Murtia, C. . (2021). VALIDITAS PENGEMBANGAN LKS BERBASIS LEVEL SCAFFOLDING DALAM MENGEMBANGAN BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP. Prosiding SNasPPM, 5(2), 331–334. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/438