VALIDITAS PENGEMBANGAN MEME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Warli Warli Universitas PGRI Ronggolawe
  • Muhammad Bachrun Ni’am Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Validitas, Meme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perancangan pembuatan meme dan kevalidan meme sebagai media pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D dari Thiagarajan, Sammel. Adapun langkah-langkah dalam model 4-D tersebut diantaranya Define(Tahap Pendefinisian), Design(Tahap Perancangan), Develop(Tahap Pengembangan), Dan Desseminate(Tahap Desiminasi). Namun dalam penelitian ini Dessiminate atau tahap desiminasi tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 5 Tuban. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah: 1)Menganalisis data kuantitatif yakni kuisioner dalam lembar validasi yang sudah diisi oleh ahli materi dan ahli media, 2)Menganalisis data kualitatif dari kritik dan saran dari ahli materi dan ahli media. Adapun hasil penilaian kevalidan meme sebagai media pembelajaran matematika: 1)Ahli media diperoleh hasil bahwa produk tersebut masuk dalam kategori valid dengan sedikit revisi, 2)Ahli materi diperoleh hasil bahwa produk tersebut masuk dalam kategori valida dengan sedikit revisi.

References

Hendryadi, 2014. CONTENT VALIDITY (Validitas Isi). Teorionline Personal Paper. No.01, June 2014:1-5.

A Saguna Kim Karryl, 2013. Internet Memes As An Information Dissemination Tool For Libraries: The Ateneo De Manila University Experience. Procedia - Social and Behavioral Sciences 103. 542 – 550.

Gumelar Fajar, Mulyati Yeti, 2018. MEME: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Anekdot?. Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora vol. 2 Nomor 1

Ayu Gusti R. S. D., Nengah S I., Made R. W Ni., 2016. Jenis, Bentuk, dan Fungsi Tindak Tutur Meme Comic pada Facebook. e-Journal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol: 5 No: 3

Ika, M. 2019. Efektifitas Penggunaan Meme Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Kelas Viii Mts Nu 01 Cepiring. Thesis (Skripsi), Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Lonnberg, Xiao P. and Wolfinger K., 2020. The Growth, Spread, and Mutation Of Internet Phenomena: A Study Of Memes. Results in Applied Mathematics 6. 100092 hal:1-9

Widyasari R., 2015. Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Media E_Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Segiempat Kelas Vii. Jurnal Matematika & pendidikan matematika. Vol.1:2 hal:71-79

He Saike, Zheng Xiaolong, Zeng Daniel. Sebuah, 2016. A Model-Free Scheme For Meme Ranking In Social Media. Decision Support Systems 81 1–11.

Fitri Yuliani, Putri Anike, 2020. Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Math Educa Journal 4(1):31-46.

Islamadina, Faiqoh, dkk., 2016. Validitas, Kepraktisan, dan Keefektifan Aplikasi Media Mobile Learning “Panduan Identifikasi Kupu-Kupu” Berbasis Android Untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol.5 No.3

Masykur Rubhan, Nofrizal, Syazali Muhamad, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 8 No.2 Hal 177 – 186.

Khuzaini Nanang, Heri Rusgianto Santosa, 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol:3 – No.1, (88 - 99).

Bashooir Khoirul, Supahar, 2018. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 22, No 2, (219-230).

Ayu Linda Setyaningsih, Hartati Sri Tabitha Wulandari, 2018. Uji Validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi SMA Berbasis Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Proceeding Biology Education Conference. Vol.15 No.1: 288-295.

Rosalia Nena, Isnawati, 2018. Tinjauan Validitas, Kepraktisan, Dan Keefektifan Booklet Sains Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP. ejournal-pensa. Vol.06 No.01 :32 – 37.

Haviz M., 2013. Research and Development Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta’dib. Vol.16 No.1 :30-42.

Khalifah M. M., 2017. Validitas Pengembangan Penuntun Praktikum Ilustratif Mikroteknik Hewan Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Ilmiah Pena. Vol.11 No.1:75-83.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Warli, W., & Ni’am, M. B. . (2021). VALIDITAS PENGEMBANGAN MEME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding SNasPPM, 5(2), 358–365. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/439