VALIDITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MATEMATIKA SISWA SMP

Authors

  • Warli Warli Universitas PGRI Ronggolawe
  • Muslihatul Ummah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Validitas, miskonsepsi, level scaffolding, lembar kerja siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas LKS berbasis level scaffolding untuk mengatasi miskonsespsi matematika siswa Kelas VII SMP. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang di reduksi menjadi 3-D. Pengembangan LKS mengikuti tahapan model pengembangan Thiagarajan dan merujuk pada level scaffolding yang dikembangkan oleh Anghileri serta indikator miskonsepsi matematik meliputi ketidakmampuan siswa dalam mengkorelasikan simbol yang sesuai dengan penyelesaian, ketidakmampuan siswa dalam menghubungkan konsep materi yang seharusnya digunakan serta tidak mampu menghubungkan dengan konsep lain. Untuk menilai kualitas LKS berbasis level scaffolding yang dikembangkan digunakan kriteria Nieveen , yaitu memenuhi validitas, praktikabilitas, dan efektivitas.Namun karena keterbatasan di masa pandemi COVID-19 hanya dilakukan uji validitas. LKS yang dikembangkan dapat digunakan oleh siswa kelas VII SMP. Untuk menguji validitas LKS berbasis level scaffolding digunakan instrumen lembar validasi yang sudah diuji kevalidannya. LKS diuji validitasnya oleh 3 orang validator, meliputi guru matematika dan dosen. Aspek yang dinilai berupa kelayakan isi, penyajian, kegrafisan, dan bahasa. Jenis data penilaian tersebut dianalisis secara deskriptif dengan kriteria skala Likert. Hasil dari validasi oleh validator ahli, menunjukan bahwa LKS berbasis level scaffolding dinilai valid dengan perolehan nilai rataan 85,4% pada setiap indikator.

References

[1] Ramadhan, M., Sunardi, dan D. Kurniati. 2017. Analisis miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal matematika berstandar PISA dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Kadikma. 8(1):145–153.
[2] Machmud, T. 2011. ‘Scaffolding Strategy In Mathematics Learning’. International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education 2011. Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University: Yogyakarta.
[3] Anghileri, J. 2006. Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9, 33–52.
[4] Nieveen, N. 1999. “Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Warli, W., & Ummah, M. . (2021). VALIDITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MATEMATIKA SISWA SMP. Prosiding SNasPPM, 5(2), 399–402. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/442