UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT VISUAL BASIC FOR APPLICATION

Authors

  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fidayah Rohmah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

R&D, Media Pembelajaran, Powerpoint, Visual Basic

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil uji validitas pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint visual basic for application pada materi bangun ruang sisi datar pada siswa SMP kelas VIII. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan research and development (R & D) yang akan menghasilkan produk baru berupa media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang, terdiri dari 5 tahapan yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang dipakai berupa lembar penilaian yang diberikan kepada 2 orang ahli materi yang sudah berpengalaman mengajar matematika dan 2 orang ahli media yang sudah berpengalaman dengan ilmu teknologi dan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis skor presentase nilai yang diberikan oleh ahli materi adalah 86,50 %. Sedangkan hasil analisis dari ahli media skor presentase yang diperoleh adalah 92,50 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa uji validitas dari media yang dikembangkan sangat valid dengan kriteria sangat layak dan dapat diujicobakan kepada siswa.

References

[1] Arywiantari, D. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif. E-journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan Vol: 3 No. 1
[2] Rosmayanti, D., & Zanthy, L. S. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic Application Powerpoint Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif ISSN 2614-221X (Print) Volume 2, No. 6
[3] Dumiyati, Wardhono, A., & Nurfalah, E. 2017. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran English For Specific Purpose (ESP) Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ISSN: 2580-3913; ONLINE ISSN: 2580-3921
[4] Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. 2020. Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Powerpoint VBA Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 5 No. 1
[5] Marcovitz, D. M. 2004. Powerfull Powerpoint For Educators Using Visual Basic For Application to Make Powerpoint Interractive Wesport: Libraries Unlimited.
[6] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualilatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.
[7] Widoyoko, E. P. 2011. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
[8] Arikunto, S., & Julia, R. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Nurfalah, E., & Rohmah, F. . (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT VISUAL BASIC FOR APPLICATION. Prosiding SNasPPM, 5(2), 341–344. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/443