UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA ANIMASI POWTOON PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP

Authors

  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nadila Lutfiana Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Ujivaliditas pengembangan media pembelajaran, Powtoon, Video Animasi

Abstract

Tujuan dari penelitian pngenmbangan ini adalah untuk mendeskripsikanan hasil kevaliditasan pengembangan media pembelajaran video animasi powtoon pada materi lingkaran kelas VIII SMP Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi yang merupakan guru kompeten dalam bidang matematika dan IT. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian pengambangan ini merupakan research and development/R&D dengan menggunakan Model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yakni tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran) dan Disseminate (Penyebaran).Penelitian yang dilaksanakan mendapatkan hasil validasi madia sebesar 88% dengan rata-rata 4,45 dan validasi materi sebesar 90% dengan rata-rata 4,59. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis media animasi powtoon pada materi lingkarann yang dikembangkan telah memenuhi kualifikasi valid karena telah mencapai kriteria minimal baik

References

[1] Juliana, P. I. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Powtoon Dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Pendidikan Matematika [2] Mutohar, A. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Pandanarum Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
[3] Mulyasa, E. 2016. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Pt Remaja Rosda-Karya.
[4] Dumiyati, A. W., & Nurfalah, E. 2017. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran English For Specific Purpose (Esp) Berbasis Ict. Prosiding Snasppm, 2(1), 1-6.
[5] Munir. 2015. Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Cv Alfabeta
[6] Andriati, Y., Susanti, L. R., & Hudaidah, H. 2016. Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1).
[7] Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49-56.
[8] Ramachandiran, Chandra Reka & Mahmud, Malissa Maria. 2019. The Role Of Powtoon As A Formative Assessment Tool For Higher Education Institutions., Kuala Lumpur, Malaysia
[9] Susetyo Fanany Putri, N. A. S. T. I. T. I., & Budi Santoso, A. G. U. S. 2019. Pengembangan Trainer Filter Analog Pasif Dan Aktif Berbasis Penguat Operasional Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas Xi Teknik Audio Video Di Smk Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(2).

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Nurfalah, E., & Lutfiana, N. (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA ANIMASI POWTOON PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP. Prosiding SNasPPM, 5(2), 366–370. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/444