UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS GEOGEBRA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA SMP

Authors

  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nur Safinah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media pembelajaran, Power Point, Geogebra

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas pengembangan media pembelajaran PowerPoint berbasis GeoGebra pada pokok bahasan teorema Pythagoras untuk siswa SMP. Metode penelitian ini menggunakan research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan dengan prosedur yang dikemukakan oleh Sukmadinata dan kawan-kawan yang mana terbagi menjadi 3 tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Pada hasil analisis data diperoleh skor rata-rata kevalidan atau kelayakan materi 84,44% dengan kategori sangat baik serta skor rata-rata kevalidan atau kelayakan media 86,90% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa media pembelajaran PowerPoint berbasis GeoGebra pada pokok bahasan teorema Pythagoras untuk siswa SMP yang dikembangkan valid digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

References

[1] Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[2] Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
[3] Budiman, Heri & Sendi Ramdhani. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA Berbasis GeoGebra Versi Android. Cianjur: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 75-80.
[4] Dahlan, J. A. & Juandi, D. 2011. Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1): 128-138.
[5] Damayanti, Puspita Ayu & A. Qohar. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis PowerPoint pada Materi Kerucut. Malang: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2): 119-124.
[6] Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
[7] Dumiyati, Agus W. & E. Nurfalah. 2017. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran English for Specific Purpose (ESP) Berbasis ICT. Tuban: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol 2. Hal 1-6.
[8] Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: DIVA Press.
[9] Hudojo, H. 2002. Representasi Belajar Berbasis Masalah. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. ISSN: 085-7792. Tahun VIII, edisi Khusus.
[10] Meltzer, Davad E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. Department of Physics and Astronomy, Iowa State University, Ames, Iowa 50011.
[11] Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. 2019. Pemahaman Matematis Siswa dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan GeoGebra. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2): 305-315.
[12] Oktaria M., & A. K. Alam. 2017. Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII 2 SMP Islamic Village Pada Materi SPLDV. Tangerang: Jurnal Pendidikan Matematika, 633-640.
[13] Permatasari, Putri Ayu, Dafik, & Arif Fatahillah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Schoology Berbantuan Software GeoGebra Materi Transformasi Geometri Kelas XI. Jember: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1): 66-75.
[14] Rahadyan, A., Purni, Munah H., & Aulia, Ar R. A. 2018. Penggunaan Aplikasi GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1): 11-19.
[15] Ramziah, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2): 138-147.
[16] Rifa’i, Mohammad, & Roisatun Nisa’. 2019. Pengembangan E-Modul Kalkulus Berbasis GeoGebra dengan Dukungan Website Moodle. Gresik: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3): 259-268.
[17] Sanjaya, Indrayana I., Maharani, Hevy R., & Basir, M. Abdul. 2018. Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. KONTINU: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 60-72.
[18] Sari, Fitri Nur Indah, Yudi Darma, & Ivan Eldes Dafrita. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Integrasi GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi. Pontianak: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2): 281-289.
[19] Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
[20] Surgandini, A., Pinta D. S., & Anton Noornia. 2019. Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI
Berbantuan GeoGebra untuk Membangun Pemahaman Konsep Transformasi Geometri. Tangerang: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 85-102.
[21] Sutirman, 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[22] Syahdi, M. 2019. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa MI Kota Bengkulu Melalui Pembelajaran CMP. Bengkulu: Jurnal Pendidikan Matematika, 73-78.
[23] Tanzimah. 2019. Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Palembang: Jurnal Pendidikan Matematika, 610-616.
[24] Williams, C., Charles-Ogan, G. & Adesope, R.Y. 2017. The GeoGebra Interactive Software and Senior Secondary School Three (SSS3) Students’ Interest and Achievement in Mathematics. International Journal of Mathematics and Statistics Studies, 5(1): 1-8.
[25] Yudhanegara, M. Ridwan, & Lestari, Karunia Eka. 2014. Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka. Karawang: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 76-85.

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Nurfalah, E., & Safinah, N. . (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS GEOGEBRA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA SMP. Prosiding SNasPPM, 5(2), 371–374. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/445