UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PENYAJIAN DATA

Authors

  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Uswatun Hasanah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media pembelajaran, Macromedia Flash, Media Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas mengembangan media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Flash pada materi penyajian data. Prosedur pada penelitian yang di kembangkan ini menggunakan R&D (reseach and devolepment) yaitu model 4-D (four D Model) yaitu deffine (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash ini telah melawati tahap validasi oleh para ahli media dan ahli materi Hasil dari validasi ahli media dengan nilai presentasi rata-rata 86,85% mendapatkan hasil akhir dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli materi hasil dari nilai presentasi rata-rata 86,94% sehingga media pembelajaran sangat valid untuk dikembangkan oleh peneliti dan sangat layak diuji coba dan digunakan dalam proses belajar mengajar.

References

[1] Andini, Dita, and Nanang Supriadi. 2018. "Media Animasi Menggunakan Macromdia Flash Berbasis Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang." Jurnal Matematika 1(2): 139-145.
[2] Dumiyati, Wardhono, A., & Nurfalah, E. 2017. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran English for specific purpose (ESP) berbasis ICT. Jurnal teladan , 2, 1-6.
[3] Tyanto, L E, and T J Manoy. 2013. "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional CS 6 Dengan Memperhatikan Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking (RMT) Pada Materi Melukis Segitiga." MATHEdunesa 2(3).
[4] Mardhatillah, and Esi Trisdania. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo." Bina Gogik 5(1) (2018): 91-102

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Nurfalah, E., & Hasanah, U. . (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PENYAJIAN DATA. Prosiding SNasPPM, 5(2), 384–387. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/446