UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Authors

  • Rita Yuliastuti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Lia Rosyidatul Aminia Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Pembelajaran Inkuiri, Etnomatematika, Bangun Ruang Sisi Lengkung.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dihasilkan, yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung (tabung dan kerucut) kelas IX SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan meliputi: Define/Pendefinisian, Design/Perancangan, Develop/Pengembangan, Desseminate/Penyebaran. Karena adanya pandemi Covid-19, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop/Pengembangan dan uji validitas dari beberapa ahli. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu memaparkan hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli, diperoleh skor rata-rata kevalidan materi sebesar 88,4% dengan kategori sangat baik, media sebesar 90% dengan kategori sangat baik dan bahasa sebesar 87,22% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa LKS dengan menggunkan model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan.

References

[1] Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. 2018. Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1.
[2] Zayyadi, M. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. ΣIgma, 2(2), 35–40.
[3] Naryati, I. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Teks Diskusi Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 4(1), 47-61
[4] Dewi, Lestari Narni. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendididkan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. 3.
[5] Adawiyah, R. Al, Lesmono, A. D., & Prastowo, S. H. B. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Buku Berbasis React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 202–209.
[6] N. Fajriah and E. Asiskawati. 2015. “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP,” EDUMAT J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 157–165,
[7] E. P. Widoyoko. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Yuliastuti, R., & Aminia, L. R. . (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. Prosiding SNasPPM, 5(2), 394–398. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/448