UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LKS ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKTAKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP

Authors

  • Rita Yuliastuti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Regita Indah Febriani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Lembar Kerja Siswa (LKS), Discovery Learning, Aritmetika Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dihasilkan , yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Aritmetika Sosial kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu meliputi : (Define) Pendefinisian, (Design) Perancangan, (Develop) Pengembangan, Desiminasi (Desseminate). Karena adanya pandemi covid-19, penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap Pengembangan (Develop) dan uji validitas dari beberapa ahli. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif yaitu memaparkan hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli, diperoleh skor rata-rata kevalidan materi sebesar 85% dengan kategori sangat baik, media sebesar 90% dengan kategori sangat baik dan bahasa sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa LKS dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan .

References

[1] Afrilianto, M. 2012. “Peningkatan pemahaman konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking.” Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, vol. 1 no.2
[2] Amir, A. 2014. “Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R terhadap Pemahaman Konsep Matematika”. Logaritma, vol. 02 no. 02
[3] Belia, S. 2014. Analisis Prosedure Pengembangan Model ADDIE dan 4D. (Online),
[4] Efendi, Deni. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Model Discovery Learning untuk Mengem bangkan Keterampilan Berpikir Kritis”. Tesis. Bandar Lampung: Magister Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Lampung.
[5] Marsitin, Retno 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Aritmetika Sosial.
[6] Takwa, 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan dan Deret Kelas XI MAN 1 Makasar

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Yuliastuti, R., & Febriani, R. I. (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LKS ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKTAKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP. Prosiding SNasPPM, 5(2), 403–407. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/449