PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUAAN NASABAH DI BTM SURYA UTAMA PALANG

Authors

  • Muhammad Yusuf Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andini Eka Fitri Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pelayanan, Fasilitas, Kepuasaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasaan nasabah di BTM Surya Utama Palang kecamatan Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dan dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BTM Surya Utama Palang yang berjumlah 100 orang, dengan menggunakan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebar angket kepada responden, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda Pengujian hipotesis menggunakan uji secara simultan (uji F), uji secara parsial (uji t) dan koefisien determinasi. Dalam penelitian ini menggunakan proram SPSS 16. Dari hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan dan variable fasilitas berpengaruh secara kuat terhadap variabel kepuasan, variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Dan variabel pelayanan dan fasilitas sama – sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di BTM Surya Utama Palang

References

[1] Wahibur Rohhman. 2016. Pengarug Biaya, Angsuran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan BMT di kabupaten Kudus.
[2] Auli Lucky Turiansyah. 2013. Persepsi Tengtang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan.
[3] WIWI WIDIYAH. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kelengkapan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalah Indonesia Cabang Cirebon.
[4] Bunga Anadesta Hanri Putri, Bambang Trisetyo Eddy, Tutik Dalmiyatun. 2018. Analisis Tingkat Kepuasaan Anggota Terhadap Pelayanan Pada Koperasi Gardu Tani Di Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.
[5] Irwan Christanto Edy, Shandy Marsono, Supriyono. 2018. Pelatihan: Strategi Pemberdayaan Koperasi Di Era Digital Pada Ksb 210 Sumber Surakarta.
[6] Rizqa Ramadhaning Tyas, Ari Setiawan. 2012. Pengaruh Lokasi vdan Kualitas Pelayanan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang.
[7] Seanewati Oetama. 2017. Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt.Bank Mandiri (Persero) Tbk.
[8] Sugiono. 2013. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.

Additional Files

Published

2021-05-21

How to Cite

Yusuf , M. ., & Fitri, A. E. . (2021). PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUAAN NASABAH DI BTM SURYA UTAMA PALANG. Prosiding SNasPPM, 5(2), 408–415. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/450