PENGARUH SMARTPHONE DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIROW TUBAN

Authors

  • Candra Aeni Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ervin Nur Azizah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Smartphone, Motivasi berwirausaha, Keputusan berwirausaha

Abstract

Saat ini penggunaan Smartphone sudah berkembang sangat pesat, baik di kalangan mahasiswa atau masyarakat awam. Selain digunakan sebagai alat komunikasi, smartphone saat ini juga dapat digunakan untuk berbisnis yang terkenal dengan istilah bisnis online. Sehingga penggunaan Smartphone dapat digunakan menghasilkan uang melalui smartphone yang dimiliki. Dengan smartphone yang dimilikinya serta motivasi untuk berwirausaha diharapkan dapat menciptakan wirausaha di kalangan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi dimana hasilnya bisa digunakan untuk membiayai kuliahnya. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis (1) pengaruh smartphone terhadap keputusan berwirausaha (2) pengaruh motivasi berwirausaha terhadap keputusan berwirausaha (3) pengaruh smartphone dan motivasi berwirausaha terhadap keputusan berwirausaha. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelational. Sedangkan sampel yang di ambil untuk penelitian ini sebanyak 30 responden dari mahasiswa program studi pendidikan ekonomi unirow Tuban. Dalam pengambilan sampel ini teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan angket dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh smartphone dan motivasi berwirausaha terhadap keputusan berwirausaha. Smartphone dan motivasi berwirausaha berpengaruh baik secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan berwirausaha di kalangan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Unirow Tuban

References

[1] Septyawan, Cahtur.2017.“Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi Siswa Kelas IX SMPN 3 Sungguminasa” Skripsi. Makassar : UIN Alauddin Makassar.
[2] Sumadi, Agus Resi.2017.” Pengaruh Sikap, Motivasi, dan Lingkungan Terhadap Niat Berwirausaha” E-Jurnal Manajemen Unud : Universitas Udayana Bal.
[3] Putra,Delfi Andre Eddy. 2016. Smartphone Sebagai Gaya Hidup (Studi Deskriptif, Tentang Penggunaan Smartphone Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa FISIP Universitas Sumatera Utara). (online), https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/.article/download/19231/8095 , di akses 20 juli 2020.
[4] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Aeni, C., & Azizah, E. N. . (2021). PENGARUH SMARTPHONE DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIROW TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 433–439. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/452