PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN SOSIAL INFLUNCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Candra Aeni Universitas PGRI Ronggolawe
  • Widiyawati Eka Suryani Ariningrum Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kualitas Informasi, Social Influencer, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas informasi dan sosial influncer terhadap keputusan pembelian di media sosial secara online di Toko FE Shop dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian di Toko FE Shop. jenis penelitian yang digunakan penulis adalah pendekatan kuantitatif karena dalam pengelolaan data menggunakan rumus-rumus statistik. Penelitian dilaksanakan di Toko FE Shop dengan jumlah responden 35. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dalam SPSS. Berdasarkan hasil pembatasan hasil analisis kualitas informasi dan sosial influencer terhadap keputusan pembelian produk FE Shop, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut bahwa Kualitas informasi dan sosial influncer secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk di FE Shop, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan regresi secara simultan diperoleh nilai Fhitung> Ftabel (9,539>3,295) dan nilai probabilitas Fhitung< dari 0,05 (0,001> 0,05) dan kontribusi pengaruh kualitas informasi dan sosial influncer terhadap keputusan pembelian produk di FE Shop sebesar 0,374 atau sebesar 37,4%.

References

[1] Khairani, Siti. 2015. Pengaruh Kepercayaan Kualitas Informasi dan Pelayanan terhadap keputusan membeli Melalui Media Sosial (studi kasus Mahasiswa Akuntansi STIE MDP). Available Online at http://fe.unp.ac.id/ Book of Procedings published by (c). SNEMA. ISBN: 978-602-17129-5-5.
[2] Nisa, Rima Rohmatun. 2019. Pengaruh Sosial Media Influencer dan Trustworthiness Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over (di Royal Plaza). Jurnal Pendidikan Tata negara (JPTN). ISSN 2337-698. Volume 07. No. 02.
[3] Iswara, Danu. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Presepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian (studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram di Kota Yogyakarta). Skripsi Program studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Aeni, C., & Ariningrum, W. E. S. (2021). PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN SOSIAL INFLUNCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MEDIA SOSIAL. Prosiding SNasPPM, 5(2), 463–467. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/453