PENGARUH HARGA DAN KUALITAS BAHAN BAKU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAN KERUPUK KULIT IKAN DUA PUTRA

Authors

  • Yudi Supiyanto
  • Diya Rachmawati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Harga dan Kualitas pRoduyk berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Adapun metode analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Dimana yang menjadi Variabel Harga yaitu X1, Variabel Kualitas Produk yaitu X2, dan Variable Kepuasan Konsumen adalah Y. Jumlah responden yang diambil adalah sebanyak 50 Responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Kerupuk Kulit Ikan Dua Putra dengan nilai signifikan sebesar 0,578 atau 57,8%. (2) Kualitas Produk berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Perusahaan Kerupuk Kulit Ikan Dua Putra dengan nilai signifikan sebesar 0,360 atau 36%. (3) Harga dan Kualitas produk secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Kerupuk Kulit Ikan Dua Putra dengan pengaruh signifikan sebesar 0,554 atau 55,4%.

References

[1] Hendri, Noto Ezra. 2016. Analisis Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Jasa Bengkel Alin Motor Semarang) Among Makarti, Vol. 9 No. 17
[2] Hermina, Tinneke dan Iyan Pauzi. 2017. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Smartphone Sony Pada PT. Maju Jaya Cicaheum Bandung. Jurnal Wacana Ekonomi. Vol 16 No. 02 Hal: 029-06
[3] Setyo, Purnomo Edwin. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Auto Works”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol 1 No. 6
[4] Amanah, Dita. 2010. Pengareuh Harga dan Kulitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Backy dan Cake Shop Cabanug H.M Yamin Medan. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 2 No. 1
[5] Hastuti, Yulia dan Afnina. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Tethadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Aneka Jaya Furniture di Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis. Vol. 9 No. 1.
[6] Karuntu, Lapian dan Sintya. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Transportation Service In Student FEB Unsrat Manado. Jurnal EMBA. Vol. 6, Hlm. 1778-1787. ISSN 2303-1174
[7] Maya, sari Roza dan Efry Kurnia. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Tuntungan Indah Lestari Raya Medan. Seminar Nasional Royal (SENAR). STMIK Royal – AMIK Royal. hlm. 451-454. ISSN 2622-6510.
[8] Maulana, Ade Syarif. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Vol 7 No. 2.
[9] Melinda, Fitriasshinta. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen King Telur Asin. Journal of Management and Bussiness Review. Vo. 15 No. 2.
[10] Napitupulu, Ferdinand. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sentaplas Medan. Jurnal Mutiara Akuntansi USM – Indonesia. Vol. 3 No. 1

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Supiyanto, Y. ., & Rachmawati, D. (2021). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS BAHAN BAKU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAN KERUPUK KULIT IKAN DUA PUTRA. Prosiding SNasPPM, 5(2), 426–432. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/455