PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERLUASAN PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN DI PT. ESA SARWAGUNA ADINATA BRONDONG

Authors

  • Yudi Supiyanto
  • Cinta Melinda Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kualitas Produk, Perluasan Pemasaran, Pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan seberapa besar Pengaruh Kualitas Produk dan Perluasan Pemasaran yang dilakukan oleh PT. ESA Sarwaguna Adinata Brondong serta untuk mengetahui apakah Kualitas Produk dan Perluasan Pemasarannya berjalan sesuai.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Penelitian ini diukur dengan dimensi dari tiga variabel yaitu kualitas produk sebagai variabel (X1), perluasan pemasaran sebagai variabel (X2), dan pendapatan sebagai variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah 60 karyawan PT. ESA Sarwaguna Adinata Brondong. Berdasarkan jumlah populasinya yang kurang dari 100 orang responden, maka diambil 100% jumlah populasi yang ada dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan datanya dengan memberikan angket kepada tiap responden. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik yang dianalisis dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier. Analisis regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk membuktikan hipotesis mengenai pengaruh indikator kualitas produk, perluasan pemasaran dan pendapatan di PT. ESA Sarwaguna Adinata Brondong. Setelah dilakukan berbagai pengujian maka dari persamaan regresi yang dapat dihasilkan sebagai berikut: Y = 1,635+ 0,209(X1) + 0,236(X2). Koefisien konstanta bernilai positif bahwa setiap perusahan memiliki kualitas produk yang sangat berpengaruh pada peningkatan pendapatannya.Kualitas produk memiliki nilai positif karena setiap peningkatan kualitas produk akan meningkatkan pendapatan karena akan semakin banyak pelanggan mencari produk yang berkualitas. Perluasan pemasaran bernilai positif ini mengakibatkan penjualan meningkat dan akan meningkatkan pendapatan perusahaan. Kemudian pada uji t diperoleh nilai t hitung pada kualitas produk sebesar 0,252 dengan sig. 0,802 sedangkan perluasan pemasaran dalam uji t nilai t hitung sebesar 5.281 dengan sig.0.000 Dan Adjusted R Square didapatkan 0,321 lebih besar dari 0,05 yang artinya terdapat pengaruh variabel independen atau variabel X terhadap variabel dependen atau Y sebesar 0,321

References

Agus, Irianto,. 2010. Statistika Konsep Dasar Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana prenada Media Group.
Ali, Muhammad, M.T. 2011. Modul Kuliah Manajemen Industri. Manajemen Operasional dan Produksi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bamdumg: Alfabeta
Arikunto, S,. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S,. 2011. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S,. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S,. 2013. Manajemen Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta.
Aulia, M,. Yusuf. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber
Daya Manusia, Jakarta: PT Buku
Seru.
Darmiyanti, Desi. 2018. Analisis Pendapatan
dan Strategi Bauran Pemasaran Usaha Pengolahan Ikan Pada KUB BINA SEJAHTERA di Kelurahan Kangkung Kecamatan Bumi Waras. Lampung.
Faisal, M., Risqi., & Lisarini, E. 2015. Pengaruh Kualitas dan Harga Beras Pandanwangi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Wilayah Pemasaran. Cianjur: Fakultas Pertanian UNSUR.
Firdaus, Ahmad,. & Wasilah, Abdullah,. 2012. Akuntansi Biaya Edisi 3. Salemba Empat.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM
SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Halim, N. R., & Iskandar, D.A,. 2019. Jurnal
Riset Manajemen dan Bisnis. Jakarta: Fakultas Ekonomi UNIAT
Harini, C,. Darsin & Praptono, S,. 2017. Pengembangan Pemasaran Kewirausahaan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Perekonomian Unit Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Semarang. Fakultas Teknik- Universitas Muria Kudus.
Hartono. 2011. Statistik untuk penelitian. Yogyakarta: Pusat Pelajar.
Indrianto, Nur,. & Supomo, Bambang. 2013.
Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kartikahadi, H., Rosita, U, S,. Merliyana, S,. & Sylvia, V,. Siregar. 2012. Akuntansi
Keuangan Berdasarkan SAK berbasis
IFRS. Jakarta: Salemba.
Kotler, P. & Armstrong, G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, A,. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif : Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Jakarta: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Lestari, I. W.. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Usaha Minuman Waralaba. Solo.
Notoatmodjo, S,. 2010. Metodologi Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta.
Putra, P.D.. 2015. Pengaruh Modal dan Tenaga
Kerja Terhadap Pendapatan Dengan
Lama Usaha Sebagai Variabel Moderating. Bali: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Rahmawati. Sumarlin. & Efendi, J. 2017. Strategi Peningkatan Kualitas Produk Lokal Teh Sepang Menggunakan Metode Quality Function Depeloyment. Surabaya.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-
Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rismiati, E.Catur, & Suratno, Ig. Bondan,. 2011. Pemasaran Barang dan Jasa, Kanisius. Yogyakarta.
Sangadji, E.,M., & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Santoso, S,. 2016. Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elekmedia Computindo.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABET, CV.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka baru Press.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Supriyati. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Labkat Press.
Tjiptono, Faandy. 2010. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, H. N., & Firdaus, F. A. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis.
Widarjono, A,. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta: Penerbit UPP STIM.
Widiyanto, Joko,. 2010. SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.
Winardi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Supiyanto, Y. ., & Melinda, C. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERLUASAN PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN DI PT. ESA SARWAGUNA ADINATA BRONDONG. Prosiding SNasPPM, 5(2), 480–487. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/459