PENERAPAN PERMAINAN SAINS MENGGUNAKAN BAHAN ALAM AIR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSI

Authors

  • Siti Marli’ah universitas pgri ronggolawe tuban

Keywords:

Permainan Sains, Kecerdasan Sosial Emosi

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal ditemukan beberapa permasalahan pembelajaran di TK Islam
Amanah Merakurak Tuban, diantaranya kurang berkembangnya aspek sosial emosional anak, yaitu
kurangnya kemampuan anak dalam hal mengekspresikan emosi dengan benar, sikap bekerja sama dan
berbagi, serta sikap tidak mudah menyerah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya
sumber belajar yang representatif dan masih sering menggunakan metode pemberian tugas melalui lembar
kerja anak atau buku kegiatan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan permainan sains
menggunakan bahan alam air untuk meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak kelompok B di TK Islam
Amanah Merakurak Tuban, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan kecerdasan sosial emosional melalui
permainan sains menggunakan bahan alam air pada anak kelompok B di TK Islam Amanah Merakurak
Tuban. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tinadakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan
Taggart, yaitu penelitian yang dipandang sebagai suatu siklus spiral dari penyusunan perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi yang selanjutnya mungkin didikuti dengan siklus spiral
berikutnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan
dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara garis besar permainan sains mengunakan bahan alam
air dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini

References

Akbar, Sa‟dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Catron, Carol E. & Allen, Jan., 1999. Early Childhood Curriculum A Creative-Play Modell. New Jersey: Merill, Prentice-Hall
Dodge, Colker., 1992. The Creative Currikulum for Early Chilhood. Washington DC: Teaching Strategies. Inc.
Goleman, Daniel. 2006. Social Intelligence: The New Science of Human Relationship. Jakarta: PT. Gramedia
Goleman, Daniel. 1999. Working with Emotional Intelegence: Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Gross, M. 2012. Science Concepts Young Children Learn Through Water Play. Dimensions of Early Childhood Vol 40, No 2.
Hurlock, B. E. 2002. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Nugraha, A. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jakarta: Danendra. Shapiro, Lawrence, E. 1998. Mengajarkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. Jakarta: Gramedia.
Sujiono, N. Tampiomas, E. Zainal, R. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Depdiknas.
Susilo, Herawati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing
Suyanto, S. 2005. Pembelajaran Untuk Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Syamsu, Yusuf, N. 2004. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: remaja Rosda Karya.
Watters, J. J., Diezmann, C. M., Grieshaber, S. J., & Davis, J. M., 2000. Enhancing science education for young children: A contemporary initiative.
Australian Journal of Early Childhood. Vol. 26, No. 2.

Additional Files

Published

2017-02-25

How to Cite

Marli’ah, S. (2017). PENERAPAN PERMAINAN SAINS MENGGUNAKAN BAHAN ALAM AIR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSI. Prosiding SNasPPM, 1(1), 33–38. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/46