VALIDASI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BISNIS DENGAN PENDEKATAN LEARNING START WITH A QUESTION
Keywords:
validasi, Modul Pembelajaran, Learning Start With a QuestionAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan validasi pengembangan modul pembelajaran ekonomi bisnis dengan pendekatan Learning Start With A Question, agar siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pengembangan mengacu pada model Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah. Adanya wabah pandemic covid-19 mengakibatkan kendala uji coba di sekolah, sehingga hanya sampai 4 tahap yaitu; Pengumpulan Data, Perencanaan, Pengembangan Produk, Modul yang telah di Produksi. Validasi terhadap modul yang telah dihasilkan menggunakan instrument lembar validasi dengan skala Likert. Validasi modul pembelajaran dilakukan oleh 4 pakar/ahli meliputi ahli materi, ahli bahasa, ahli pendidikan dan media pembelajaran. Teknik Analisis Data secara deskriptif menggunakan posentase dan pengekategorian. Hasil uji validitas dari ahli materi sebesar 92,18 % dengan kriteria sangat valid, validasi aspek bahasa sebesar 75% dengan kriteria valid, validasi dari ahli media sebesar 89,06 % dengan kriteria sangat valid, dan dari ahli pendidikan/media pembelajaran sebesar 82,81% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan peneliti berupa modul pembelajaran dengan Pendekatan Learning Start With A Question pada materi Badan Usaha ini layak digunakan
References
[2] Febrianti Anisa Fitri 2018. Pengembangan Modul Biologi Berbasis Web Untuk Mendukung Pembelajaran Interaktif. Online. Tersedia ; http://repository.radenintan.ac.id/3135/1/Skripsi_Full.pdf. Diakses tanggal 1 Juli 2020.
[3] Hasanah. Vityatun. 2014. Pengembangan Modul Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Kompetensi Dasar Mekanisme Debet Dan Kredit Untuk Siswa Kelas X AK Semester Ganjil SMK Negeri 1 Jember. Online. Tersedia; http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64167. Diakses tanggal 28 Mei 2020
[4] Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D