VALIDASI PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X MA. MANBAIL FUTUH BEJI TUBAN

Authors

  • Henny Sri Astuty
  • Himatul Ulya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Himatul Ulya Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan saintifik, validasi ahli, prakarya, kewirausahaan

Abstract

Tujuan dikembangkan petunjuk praktikum dengan pendekatan saintifik pada pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X Ma. Manbail Futuh Beji adalah sebagai pilihan alternatif bahan ajar yang baik. Karena petunjuk praktikum termasuk sumber belajar yang dianggap lebih efektif, praktis, dan terjangkau yang berfungsi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan ketrampilan proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. Petunjuk praktikum dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dapat ditingkatkan selama proses pembelajaran, dengan cara mengembangkan pokok-pokok pemahaman saintifik yang digunakan dalam memproduksi, mencari informasi, serta melakukan peneletian dan menyelesaikan masalah. Agar petunjuk praktikum memiliki konsep dan tahapan yang menarik untuk proses pembelajaran siswa, peneliti mengkolaborasikan petunjuk praktikum dengan pendekatan saintifik, dengan tujuan agar siswa dapat belajar secara lebih efektif dan efesien. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D). dalam penelitian pengembangan ini menggunakan dua teknis analisis data yaitu teknis analisis deskriptif kualitatif dan teknis analisis deskriptif kuantitatif, dari deskriptif kuantitatif yang nantinya akan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil pengembangan buku petunjuk praktikum dengan pendekatan saintifik berdasarkan hasil validasi materi 82,38% dinyatakan valid, hasil validasi ahli Bahasa 80,55% dinyatakan valid, dan hasil validasi ahli desain 89,57%% dinyatakan valid. Kesimpulan dari pengembangan buku petunjuk praktikum dengan pendekatan saintifik dapat dikatakan layak untuk diujicobakan.

References

[1] Susanti, Susi.2018. Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Struktur Tumbuhan untuk Memberdayakan Ketrampilan Proses Sains Peserta didik Kelas XII MAN 2 Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6238. Diakses tanggal 16 Maret 2020.
[2] Apriyanti, R. 2018. Pengembangan Petunjuk Praktikum Kimia berbasis pendekatan Saintifik pada materi laju reaksi untuk siswa kelas XI IPA di SMA Adisucipto Pontianak. Jurnal ilmiah, vol 6 no 2.
[3] Awaliya, Sofiyati. 2017. Pengembangan Bhan Ajar Berbasis Praktikum IPA SMP Pokok Bahasan Macam-macam Pencemaran Lingkungan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Diakses tanggal 5 April 2020)
[4] Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Edisis 1. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
[5] Darmiyati, 2017. Penelitian Tindakan KelasII.Pengembangan modul prakarya dn kewirausahaan berorientasi pembelajaran kontekstual untuk siswa SMA kelas XII Lampung. http://digilib.unila.al.id. Diakses tanggal 19 Maret 2020.
[6] Muji, M. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ketrampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pancaran Vol. 3 No. 4.
[7] Nugroho, EBP., Budiasih, E.D. & Sukarianingsih, D. 2016. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbasis Learning Cycle Se SMAN 7 Malang. Jurnal Pendidikan Kimia, vol 3 no 2.
[8] Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. 2017. Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. Vol. 1, No. 1.
[9] Sari, T., Hasnunidah, N., & Rita, R. 2018. Pengembangan Penuntun Praktikum Energi Dalam Sistem Kehidupan Dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI). http://repository.lppm.unila.ac.id. Diakses tanggal 3-Juni 2020.
[10] Qomariyah, S. 2018. Pengembangan LKS Biologi Berbasis Probing Prompting Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Diakses tanggal 20 Mei 2020).

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Astuty, H. S., Ulya, H., & Ulya, H. (2021). VALIDASI PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X MA. MANBAIL FUTUH BEJI TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 488–491. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/461