VALIDASI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA KELAS XI IPS SMAN 3 TUBAN

Authors

  • Henny Sri Astuty
  • Jamilatuzzulfa Jamilatuzzulfa Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Perangkat pembelajaran, kewirausahaan, kearifan lokal, google classroom

Abstract

Tujuan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Dengan Media Google Classroom Pada Kelas XI IPS SMAN 3 Tuban merupakan sebuah perencanaan pembelajaran yang dirancang khusus untuk mata pelajaran kewirausahaan yang mengandung nilai-nilai budaya yang ada di lingkungan sekitar sekolah menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model 4-D Thiagarajan dan Semmel dengan non tahap penyebaran. Model ini memiliki 4 Tahap dalam penyelesaian masalah yaitu studi pendefinisian, perancangan, pengembangan dan desiminasi. Penelitian ini hanya akan menghasilkan sebuah perangakat pembelajaran yang di uji validasi oleh para ahli, dan belum sampai pada desiminasi. Dari hasil angket penelitian yang didapat dari para ahli materi, ahli desain, ahli bahasa dan ahli IT menyatakan dengan presentase ahli materi dengan interval skala likert 76,7% (layak), ahli desain dengan presentase interval skala likert 78,4% (layak), ahli IT dengan presentase interval skala likert 70% (layak) dan ahli bahasa dengan presentase interval skala likert 78,9% (layak). Penilaian para ahli dapat disimpulkan bahwa RPP siap digunakan dengan kelayakannya.

References

[1] Rita, Endah., Prasetiyo & Prima, Filia. 2010. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi kewirausahaan untuk peningkatan berpikir kreatif minat berwirausaha dan hasil belajar siswa. Jurnal FPMIPA IKIP PGRI SEMARANG. Diakses pada tanggal 15 Mei 2020 pukul 06.15
[2] Mannan, Nur., Sopyan, A & Sunarno. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan karakter positif siswa SD. Jurnal fisika, fakultas MIPA, UNNES. Vol 2 Nomor 2 diakses pada tanggal 16 Maret 2020 pukul 08.40
[3] Syaodih, Nana S. 2017. Metode penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Astuty, H. S., & Jamilatuzzulfa, J. (2021). VALIDASI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA KELAS XI IPS SMAN 3 TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 492–495. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/462