VALIDASI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA KELAS XI IPS SMAN 3 TUBAN
Keywords:
Perangkat pembelajaran, kewirausahaan, kearifan lokal, google classroomAbstract
Tujuan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Dengan Media Google Classroom Pada Kelas XI IPS SMAN 3 Tuban merupakan sebuah perencanaan pembelajaran yang dirancang khusus untuk mata pelajaran kewirausahaan yang mengandung nilai-nilai budaya yang ada di lingkungan sekitar sekolah menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model 4-D Thiagarajan dan Semmel dengan non tahap penyebaran. Model ini memiliki 4 Tahap dalam penyelesaian masalah yaitu studi pendefinisian, perancangan, pengembangan dan desiminasi. Penelitian ini hanya akan menghasilkan sebuah perangakat pembelajaran yang di uji validasi oleh para ahli, dan belum sampai pada desiminasi. Dari hasil angket penelitian yang didapat dari para ahli materi, ahli desain, ahli bahasa dan ahli IT menyatakan dengan presentase ahli materi dengan interval skala likert 76,7% (layak), ahli desain dengan presentase interval skala likert 78,4% (layak), ahli IT dengan presentase interval skala likert 70% (layak) dan ahli bahasa dengan presentase interval skala likert 78,9% (layak). Penilaian para ahli dapat disimpulkan bahwa RPP siap digunakan dengan kelayakannya.
References
[2] Mannan, Nur., Sopyan, A & Sunarno. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan karakter positif siswa SD. Jurnal fisika, fakultas MIPA, UNNES. Vol 2 Nomor 2 diakses pada tanggal 16 Maret 2020 pukul 08.40
[3] Syaodih, Nana S. 2017. Metode penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung