VALIDASI PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PACIRAN

Authors

  • Henny Sri Astuty
  • Nanda Ayu Mustika Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

E-book, Prakarya

Abstract

Tujuan pengembangan E-book dalam penelitian ini adalah untuk membuat dan menguji kelayakan e-book khususnya untuk mata pelajaran prakarya. E-book sangat diperlukan oleh siswa dalam proses pembelajaran daring khususnya pada kondisi pandemi saat ini, sehingga sebagai alternatif pembelajaran yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Penggunaan gadget atau handphone yang sering digunakan oleh siswa sangat mendukung penggunaan e-book ini. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang di gagas oleh Sugiyono dalam Meikahani dan Kriswanto (2015:18) dengan 7 tahapan yaitu: (1) Identifikasi potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Pembuatan produk, (5) Validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli digital, (6) Revisi produk, (7) Produk Akhir. Subjek penelitian adalah SMA Negeri 1 Paciran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui survey online siswa kelas XI MIA 2 dan wawancara guru prakarya Kelas XI di SMA Negeri 1 Paciran serta angket validasi oleh 8 ahli. E-book berbentuk file digital dengan format pdf. Hasil penelitian pengembangan ini adalah e-book prakarya dengan hasil validasi oleh 2 ahli materi mendapatkan rerata skor 4,71 dengan kategori “sangat baik”, 2 ahli media mendapatkan rerata skor 4,61 dengan kategori “sangat baik”, 2 ahli bahasa mendapatkan rerata skor 4,36 dengan kategori “sangat baik”, dan 2 ahli digital mendapatkan rerata skor 3,49 dengan kategori “baik”. Jumlah rerata skor pada semua hasil validasi adalah 4,29 dengan kategori “sangat baik”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-book prakarya yang dikembangkan sangat valid digunakan dalam tahap uji coba.

References

[1] Kurniasih, I., Sani, B.2014.Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
[2] Hamzah A.Metode Peneliti Dan Pengembangan (Researc & Development) Uji Produk Kuantitatif Dan Kualitatif Proses Dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif Dan Kuantitatif.2019.Malang: CV.Literasi Nusantara.
[3] Haris D. 2011. Panduan Lengkap E-book. Yogyakarta: Cakrawala.
[4] Meikahani R., Kriswanto E. S. Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolongan Dan Perawatan Cedera Olahraga Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.Vol.primes 11. No. 1.
[5] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Edisi 2. Bandung:Alfabeta.

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Astuty, H. S., & Mustika, N. A. . (2021). VALIDASI PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PACIRAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 496–501. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/463