VALIDASI PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMA MA’ARIF DARUL ULUM BRONDONG

Authors

  • Henny Sri Astuty
  • Nur Lina Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Buku Petunjuk Praktikum, Media, Google classroom, Prakarya

Abstract

Pengembangan buku petunjuk praktikum sebagai media pembelajaran berbasis Google Classroom dalam pembelajaran prakarya bertujuan agar mempermudah siswa dalam proses pembelajaran secara daring dalam mata pelajaran prakarya di SMA Ma’arif Darul Ulum Brondong. Belum adanya buku petunjuk praktikum sebagai media pembelajaran prakarya yang digunakan oleh guru untuk pembelajaran menyebabkan kurang berkembangnya ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan. penanaman jiwa, sikap, dan etika wirausaha , bekal pengetahuan tentang kewirausahaan kepada peserta didik dapat dilakukan karena proses pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri antara lain buku atau materi dan gambar, foto yang berada dalam satu wadah google classroom. Penelitian ini dilakukan dengan model Borg & Gall dengan tujuh tahapan tanpa uji coba. Subjek pada penelitian ini adalah SMA Ma’arif Darul Ulum Brondong. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara guru prakarya kelas X. Buku petunjuk praktikum sebagai media pembelajaran berbasis google classroom berbentuk file yang dapat digunakan dengan bantuan smartphone atau komputer. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa modul pembelajaran prakaraya yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa SMA. Kualitas produk yang dikembangkan menurut penilaian ahli media rerata skor 4,38 dengan kategori “Sangat Baik”, menurut ahli materi rerata skor 4,42 dengan kategori “Sangat Baik”, menurut ahli bahasa rerata skor 3,75 dengan kategori “Baik”, menurut ahli digital rerata skor 3,75 dengan kategori “Baik”. Hasil dari keseluruhan validasi ahli mendapat rerata skor 4,08 dengan kategori “Baik” dari hasil tersebut disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum pembelajaran berbasis Google Classroom layak untuk digunakan.

References

[1] Hamzah A. 2019. Metode Peneliti Dan Pengembangan (Researc & Development) Uji Produk Kuantitatif Dan Kualitatif Proses Dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif Dan Kuantitatif. Malang:CV.Literasi Nusantara.
[2] Marasmita D. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Nogosari. Skripsi, (https://eprints.ums.ac.id) diakses 20 juni 2020.
[3] Nirfayanti & Nurbaeti. 2019. Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, (https://journal.uncp.ac.id ) diakses 11 April 2020.

Additional Files

Published

2021-05-27

How to Cite

Astuty, H. S., & Lina, N. (2021). VALIDASI PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMA MA’ARIF DARUL ULUM BRONDONG. Prosiding SNasPPM, 5(2), 502–507. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/464