PENGEMBANGAN ALEVA BERBAKAT (ALAT EVALUASI BERBASIS APLIKASI KAHOOT) PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V DI SDN SOCOREJO

Authors

  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mohammad Iqbal Shahrullah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Alat Evaluasi, Evaluasi, Kahoot

Abstract

Alat evaluasi atau instrumen evaluasi merupakan alat ukur untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana proses pembelajaran tersampaikan kepada peserta didik. Berdasarkan dari hasil angket kebutuhan didapat bahwa guru belum memanfaatkan alat evaluasi dalam pengambilan nilai pada peserta didik. Dalam pengambilan nilai guru masih menggunakan metode konvensional berupa paper test (kertas). Sehingga dibutuhkannya alat evaluasi yang dapat membuka pola pikir peserta didik dalam belajar. Dengan semakin berkembangnya alat teknologi dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan alat evaluasi yang sudah ada yaitu menggunakan aplikasi Kahoot dengan memanfaatkan piranti gawai berbasis Android. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana kelayakan alat evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot dan bagaimana respon peserta didik terhadap alat evaluasi yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan modifikasi model ASSURE. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi praktisi pendidikan. Alat evaluasi yang dikembangkan telah melalui validasi oleh para validator yang merupakan ahli di bidangnya masing-masing. Hasil validasi ahli materi memperoleh prosentase kelayakan 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli media memperoleh prosentase kelayakan 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh prosentase 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi praktisi pendidikan memperoleh prosentase 95% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbasis Kahoot yang dikembangkan sangat layak sebagai alat evaluasi yang baik digunakan dalam pembelajaran Tema 8 Subtema 1 Kelas V.

References

[1] Malawi, Ibadullah & Kadarwati, Ani. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: AE Media
Grafika.Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
[2] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) no. 57 Tahun 2014.
[3] Suryanto, Adi & Djatmiko, Tedjo. 2018. Evaluasi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.
[4] Christiani, Natalia., Hebert Adrianto., Lya Dewi Anggraini., & Amadeus Michel Gideon. 2019. Modul Teknologi Pembelajaran: Kahoot. Sukabumi: CV Jejak.
[5] Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
[6] Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Mizan, S., & Shahrullah, M. I. . (2021). PENGEMBANGAN ALEVA BERBAKAT (ALAT EVALUASI BERBASIS APLIKASI KAHOOT) PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V DI SDN SOCOREJO. Prosiding SNasPPM, 5(2), 512–514. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/465