PENGEMBANGAN WEBSITE HOMEWORK (RIPA STUDY ROOM) MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV DI SDN KINGKING I KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Reza Paulyntina Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Home work, Perkembangan Teknologi, Website (Ripa Study Room)

Abstract

Matematika adalah termasuk mata pelajaran yang sangat berpengaruh pada kemajuan teknologi yang ada, tapi matematika juga masih menjadi musuh besar untuk sebagian siswa karna mereka menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan dan lagi keterbatasan waktu yang sudah ditentukan oleh sekolah membuat guru harus mencari jalan lain agar tujuan dari pembelajaran bisa tercapai dan guru memilih untuk memberikan PR. Dengan pemberian (Home work) PR siswa akan mempelajari ulang apa yang telah dijelaskan oleh guru disekolah, Pemberian PR dengan cara lama cenderung masih banyak menimbulkan masalah. guru bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dalam perkembangan media untuk home work (PR) berbasis internet. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan website homework (ripa study room) yang praktis dan valid. Berdasarkan model pengembangan ASSURE yang telah dimodifikasi dalam penelitian ini memiliki beberapa tahapan yaitu, Analisis Karakteristik Peserta Didik, Menetapkan Tujuan Pembelajaran dan Kompetensi, Memilih Metode, Media dan Materi Pembelajaran, Penggunaan Bahan dan Media Pembelajaran, Validasi Ahli, Evaluasi dan Revisi. Hasil dari validasi dari ahli materi skor yang dicapai 87,5% masuk dalam kategori sangat layak, ahli bahasa mendapatkan skor 83% masuk dalam kategori sangat layak, ahli media mendapatkan skor 100% masuk dalam kategori sangat layak dan validasi praktisi skor yang dicapai 100% masuk dalam kategori sangat layak. Kesimpulan produk pengembangan website homework (ripa study room) sudah bisa digunakan. Saran Pemanfaatan yang disarankan .Peneliti bisa mengembangkan website menjadi sebuah aplikasi androit yang lebih praktis.

References

[1] Najoan, Roeth, AO. 2019. Strategi pemecahan soal cerita matematika di sekolah dasar. Sulawesi Utara : Yayasan Makaria waya.
[2] Susana,Tjipto. 2010. PR dan Pelajaran Sulit Bisa Menyenangkan.Yogyakarta : KANISIUS.
[3] Yuhefizar, Mooduto & Hidayat Rahmat. 2009. Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomia Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[4] Yaumi,Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran.Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Mizan, S., & Paulyntina, R. . (2021). PENGEMBANGAN WEBSITE HOMEWORK (RIPA STUDY ROOM) MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV DI SDN KINGKING I KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(2), 586–589. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/466