PENGEMBANGAN MEDIA EDUTA (EDUKASI ULAR TANGGA) BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TEMA 8 SUB TEMA 2 KELAS V DI SDN BATURETNO 1

Authors

  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Setia Ningrum Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Ular Tangga, Model Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran Tema Subtema 2 pembelajaran 1 muatan IPA di kelas V SD, Mengetahui kelayakan media pembelajaran ular tangga berbasis model Problem Based Learning (PBL) berdasarkan penilaian dari ahli materi, media, bahasa dan praktisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop.dan disseminate. Namun karena kondisi Covid 2019 maka hanya melakukan tiga langkah yaitu define, design, dan develop. Dalam media pengembangan media ini dinilai kelayakannya oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli bahasa dan 1 praktisi (Guru SD). Tehnik pengumpulan data dalam pengembangan ini adalah melalui angket. Data yang diperoleh dari angket di analisis secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga tahap dalam pembuatan ular tangga: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development). Tingkat kelayakan media ular tangga sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh rata-rata 93,33% yang termasuk dalam kategori sangat layak, 2) ahli media diperoleh rata-rata 100% dengan kategori sangat layak. Penilaian dengan ahli bahasa mendapat rata-rata 96 %.dengan kategori sangat layak dan yang terakhir adalah ahli praktisi yang mendapatkan rata-rata 90% yang dikategorikan presentasinya menjadi sangat layak, Dengan demiikian media ular tangga berbasis model problem based learning (PBL) ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V sekolah dasar.

References

[1] Arsyad, Adzar 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
[2] Sadiman, Arief S.,Rahardjo., Anung, Haryono., dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan , pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya.. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
598
[3] Afandi, Rifki. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi pembelajaran).
[4] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pengembangan. Bandung. Alfabeta.
[5] Kurniawan dan Sinta Verawati Dewi. 2017. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media screencast-O-matic mata kuliah kalkulus 2 menggunakan model 4D. Seri pendidian. Jurnal Siliwangi Vol.3. No.1.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Mizan, S., & Ningrum, S. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA EDUTA (EDUKASI ULAR TANGGA) BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TEMA 8 SUB TEMA 2 KELAS V DI SDN BATURETNO 1. Prosiding SNasPPM, 5(2), 593–598. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/467