PENGEMBANGAN MEDIA COVID BALL BERBASIS SNOWBALL THROWING PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 PB 3 KELAS IV MI AL-HIDAYAH GESIKHARJO

Authors

  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Siti Khoiriyah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan media, Covid Ball, Snowball Throwing.

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran Covid Ball (Bola Covid) dalam proses pembelajaran adalah mengubah pembelajaran yang membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Permasalahan yang muncul adalah siswa merasa jenuh karena suasana belajar yang monoton karena sebagian besar guru hanya menggunakan metode ceramah saja untuk yaitu ceramah, sedangkan pembelajaran bisa menggunakan media dan permainan yang membuat suasan belajar menjadi lebih aktif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media Pembelajaran Covid Ball (Bola Covid). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D Model (Four D Model) yang dimodifikasi menjadi 3-D Model (Three D Model) yaitu model yang bersifat deskriptif yang menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Data diperoleh melalui observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu skor yang didapat dari ahli materi adalah sebesar 95 %. Hal tersebut menunjukkan bahwa materi yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi, untuk skor yang didapat dari ahli media adalah sebesar 100 %. Hal tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan tanpa revisi, dan untuk ahli praktisi mendapat skor 95 %. %. Hal tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi

References

[1] Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
[2] Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar.
[3] Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.
[4] Djamarah, BahriSyaiful& Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
[5] Kurniawan, Dian &Dewi, Sinta Verawat. 2017. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media screencast-O-matic mata kuliah kalkulus 2 menggunakan model 4D. Seri pendidian. Jurnal Siliwangi Vol.3.No.1,2017.
[6] Mindarsih, Sri. 2015.Peningkatan Prestasi Belajar IPA Pokok Bahasan Perubahan Penampakan Bulan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Sidomukti 1 KenduruanTuban Semester II TahunPelajaran 2014/2015. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: Program Pascasarjana Unirow.
[7] Muhshon, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. 8 (2), 1-10.
[8] Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia.
[9] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pengembangan. Bandung. Alfabeta.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Mizan, S., & Khoiriyah, S. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA COVID BALL BERBASIS SNOWBALL THROWING PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 PB 3 KELAS IV MI AL-HIDAYAH GESIKHARJO. Prosiding SNasPPM, 5(2), 599–605. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/468