OPTIMALISASI KETERAMPILAN SOSIAL ABK MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF PADA PAUD INKLUSI
Keywords:
Metode bermain kooperatif, Ketrampilan Sosial ABKAbstract
Penelitian ini dilatarbelakagi oleh pentingnya mengembangkan keterampilan sosial bagi ABK (Anak
Berkebutuhan Khusus) agar mampu berinteraksi dengan orang lain melalui cara-cara yang dapat diterima
secara sosial dan membawa manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Tujuan dari penelitian adalah untuk
mengembangkan keterampilan sosial ABK (anak berkebutuhan khusus) melalui metode bermain kooperatif
pada lembaga PAUD yang menyelenggarakan pendidikan inklusif. Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain nonradomized pretest-posttest
control group design. Metode pengumpulan data keterampilan sosial menggunakan observasi checklists and
rating scales yang mengacu pada skala Guttman. Keterampilan sosial ABK diukur dengan menggunakan 5
(lima) dimensi dari Caldarella dan Merrel yaitu hubungan dengan teman sebaya, manajemen diri,
kemampuan akademis, kepatuhan, dan perilaku assertive. Sebelum analisa data dilakukan uji validitas dan uji
relaibilitas terlebih dahulu. Uji Validitas berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert), sedangkan Uji
reliabilias menggunakan Cronbach's Alpha dengan bantuan SPSS 22.00. Analisis data keterampilan sosial
sebelumnya harus dilakukan uji normalitas dengan menggunakan one sample kolmogorov-smirnov test dan
uji homogenitas dengan melakukan Uji F. Pengujian hipotesa dilakukan setelah kedua uji data tersebut
menghasilkan data berdistribusi normal dan homogen, kemudian data dianalisa dengan menggunakan
independen sample t-test.
References
Bethayana, Rahajeng, B. (2007). Deskripsi karakteristik anak berkebutuhan khusus (abk) di sekolah inklusi.
Cartledge, G & Milburn, J.F. (1998). Teaching social skills to children and youth innovation approaches. Needham heights: A division of Simon and Schuster Inc.
Cartledge, G., & Milburn, J.F. (1995). Teaching school skills to children and youth: innovative approaches (3 rd. ed). Massachusetts; Allyn Bacon (A Division of simon and Schuster. Inc).
Craig, G.J & Kermis, M. (1995). Children today. New Jersey: Practice Hall.
Gimpel, G., & Merrel, K. (1998). Social skills of children and adolescents: Conceptualization, assessment, and treatment. Mahwah, NJ: Erlbaum.
Gordon, A.M & Browne. K.W. (1985). Beginning and beyond fondation in early childhooh education. New york: Delmar Publisher.
Hurlock, E.B. (1980). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Indriani, H., dkk. (2016). Penerapan metode bermain kooperatif berbantuan media topeng karakter untuk mengembangkan kemampuan sosial. E-journal pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4. No. 2 Tahun 2016.
Kim, Y., A. (2003). Necessary social sklills related to peer acceptance. 12 Februari 2017.
http//findarticles.com/p/articles/miq
a3614/is200307/ ain925029)
Landreth, G.L. (2001). Innovations in play therapy: issues, process, and special population. USA: Taylorand Francis Group
Mercer, Y., Rubbin, K.H. (1997). Social withdrawal, inhibition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Merrel, K. W. (2003). Behavioral, social, end emotional assesment of children and adolescents. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Mudjito, Harizal, Elfindri. (2013). Pendidikan Inklusif. Jakarta: Badouse Media
Mulyadi, S. (1999). Bermain itu penting. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dinas Pendidikan. (2012). Pedoman teknis penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jawa Timur.
Permendiknas No 70 Tahun 2009. (2012). Permendiknas no. 70 tahun 2009 Tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memilki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa.
Roopnarine, Jaipaul, L & Johnson, James, E. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam berbagai pendekatan. Jakarta: Kencana
Santrock, J.W. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana
Sarah, S., dkk. (2014). Upaya meningkatkan keterampilan sosial melalui metode bermain kooperatif tema pekerjaan pada peserta didik kelompok A TK Aisyiyah Sumber 3 Banjarsari Surakarta Tahun ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Negeri Surakarta
Tarmansyah. (2007). Inklusi pendidikan untuk semua. Jakarta: Bumi Aksara.
Tedjasaputra, M.S. (2005). Bermain, mainan, dan permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tahun 2003. Wacana Aditya Bandung.
Wijaya. (2001). Analisis statistik dengan program SPSS 10.0. Bandung: Alfabeta.