VALIDASI PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KELAS V DI MI ISLAMIYAH DENGAN TEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN MEMPENGARUHI AIR TANAH
Keywords:
pengembangan media pembelajaran, media, puzzle 3DAbstract
Pendidikan adalah sesuatu yang tidak pernah ada habisnya sejak manusia ada dan berkembang di muka bumi samapai akhir zaman. Permasalahan yang sering dihadapi oleh seorang pendidik adalah kurang efektifnya media pembelajaran, sehingga mengakibatkan menurunnya ke-efektifan media pembelajaran dan menurunya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle dan memenvalidasikan media ini dengan menggunakan tema perubahan lingkungan yaitu mempengaruhi air tanah yang terdiri dari delapan indikator. Menurut hasil penelitian dari Isya Ari Kusuma tahun menyatakan bahwa kemampuan siswa dalam menerima media pembelajaran yang monoton mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan sehingga mengakibatkan tidak efektifnya media dalam proses pembelajaran. Penelitian awal ini merupakan penelitian pengembangan media puzzle 3D untuk kelas V di Mi Islamiyah dengan mengambil tema perubahanlingkungan mempengaruhi siklus air tanah. Pengembangan media puzzle 3D ini dibuat berdasarkan delapan indikator. Media puzzle 3D ini di uji dengan dua validator, yaitu validasi materi dan validasi media pembelajaran. Hasil dari uji validatas tersebut menyatakan 93,75% validasi ahli media, sedangkan menurut validasi ahli materi.... Berdasarkan hasil validasi tersebut validasi ahli materi menunjukkan media komik termasuk dalam katergori layak. Maka dapat disimpulkan bahwa puzzle 3D ini dapat menjadi salah satu alat pembelajaran alternatif untuk mengembangkan media Puzzle 3D untuk peserta didik khususnya pada sekolah dasar.
References
[2] Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
[3] Jati Rinakri Atmaja. 2018. 97 pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. remaja Rosdakarya
[4] Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
[5] Stella Olivia. 2017. 3 Pendidikan Inklusi untuk anak-anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: C.V Andi Offset
[6] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
[7] Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.