ANALISIS PENGARUH KULTUR SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA DI SDN CENDORO NO.96

Authors

  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • anis suryani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kultur Sekolah, Karakter siswa

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang didalamnya memiliki sebuah sistem kehidupan yang mengatur warga sekolah. Sekolah bertanggung jawab untuk mendidik dan menyiapkan siswanya agar mampu menyesuaiakan diri dalam masyarakat dan bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa serta membentuk karakter anak menjadi insan kamil. Pembentukan karakter dapat dibentuk melalui kultur yang dibangun sekolah, sehingga kultur sekolah harus dikelola dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kultur sekolah di SDN CENDORO No.96. (2) Bagaimana karakter siswa SDN CENDORO No.96. (3) Bagaimana Pengaruh kultur sekolah terhadap karakter siswa SDN CENDORO No.96. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangangulasi sumber dan triangulasi teknik. Temuan peneliti menunjukkan bahwa (1) Bagaimana Kultur Sekolah di SDN CENDORO No.96 berbentuk isami religious dimana melalui kegiatan harian dan pembiasaan diri. (2) Bagaimana Karakter siswa SDN CENDORO No.96 yang karakter setiap anak berbeda-beda mulai dari berkarakter positif (sopan dan baik), dan juga yang berkarakter negatif (suka jail dan suka menganggu temannya). (3) Bagaimana pengaruh kultur sekolah dengan karakter siswa. Kultur sekolah sangat mempengaruhi karakter siswa apabila kultur sekolah yang terapkan baik secara otomatis akan membentuk karakter siswa menjadi baik.

References

[1] Abidin Y. 2012. Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun I, Nomor 2, Juni 2012.
[2] Sumardi Vinsensius. 2015.Mengkreasi Kultur Positif Sekolah Melalui Kepemimpinan Bijak. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol.7, Nomor 2, Juni 2015,233.
[3] Haryoni, A. N. 2016. Kultur Sekolah Di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta .
[4] Ampera Dina. 2012. Kajian Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Di Sekolah Dasar Mitra PPL PGSD. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED Vol.9 Nomor 2, Desember 2012, 230.
[5] Kulsum U. 2011. Implimentasi Pendidikan berbasis PAIKEM (Sebuah Paradigma baru Pendidikan di Indonesia). Surabaya : Gena Pratama Pustaka.
[6] Sujatma, Rika Rahmawati. 2012. Pengembangan Kultur Sekolah SMA Negeri 1 Subang, 22 Januari 2012,25.
[7] Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Edisi 1. Penerbit Caremedia Communication. Gresik.
[8] Fadillah Syarifah. 2013. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA,Vol 6, Nomor 2, 2013,143-144.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Widiyanti, I. S. R. ., & suryani, anis. (2021). ANALISIS PENGARUH KULTUR SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA DI SDN CENDORO NO.96. Prosiding SNasPPM, 5(2), 519–523. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/473