ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN
Keywords:
kurikulum 2013, media pembelajaranAbstract
Dalam kurikulum 2013 ini anak tidak hanya belajar pengetahuan saja, akan tetapi juga menekankan pada aspek sikap dan keterampilan. Maka, guru juga harus bisa menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam belajar. Guru juga dituntut mampu mengembangkan media pembelajaran yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa supaya merasa senang dan gembira dalam pelaksanaan pembelajaran karena media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pembelajaran. Skripsi dengan judul “Analisis Media Pembelajaran Kurikulum 2013 di SD kecamatan Bancar kabupaten Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran kurikulum 2013 di SD kecamatan Bancar kabupaten Tuban.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi dokumen dengan subjek yaitu kepala sekolah, guru kelas tinggi dan siswa kelas tinggi (IV, V, dan VI). Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa SDN Margosuko sudah menerapkan media pembelajaran yang variatif dalam kurikulum 2013. SDN Ngampelrejo sudah menerapkan media pembelajaran yaitu media cetak, media audiovisual, media visual dan lingkungan sekitar. SDN Cingklung prasarana yang kurang memadai sehingga penerapan media pembelajaran kurang maksimal. Media yang digunakan yaitu media cetak, media gambar, media video disini ditayangkan di laptop tidak di proyektor, dan media lingkungan sekitar.
References
[4] Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan: Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&G. Bandung: Alfabeta
[5] Duludu, Ummysallam. 2017. Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: DEEPUBLISH
[6] Machali, Imam. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.4, No.1. 71-94.
[7] Saifuddin. 2018. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: DEEPUBLISH
[8] Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: DEEPUBLISH
[9] Shobirin, Ma’as. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: DEEPUBLISH
[10] Sutiah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran PAI. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
[11] Wahyuni, Eko Sri & Yokhebed. Deskripsi Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Biologi SMA Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. (Online)Vol.8,No.1