PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKASI BERBASIS MULTIMEDIA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SD

Authors

  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Zane Arista Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan,, komik edukasi, multimedia

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik edukasi berbasis multimedia dan mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran komik edukasi berbasis multimedia subtema keberagaman budaya bangsaku kelas IV SD. Prosedur penelitian & pengembangan ini menggunakan model Four-D. Model ini terdapat 4 tahapan kegiatan yang harus dilaksanakan secara runtut yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan dikarenakan adanya pandemi covid 19, sehingga tidak dapat diuji coba di lapangan. Tahap pengembangan media ini dilakukan proses validasi oleh 3 dosen ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli media pada aspek kegrafikan memperoleh rata-rata skor 100% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli bahasa pada aspek kebahasaan memperoleh skor rata-rata 93,75 % dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli materi pada aspek kesesuaian isi atau materi memperoleh skor rata-rata 90,6% dengan kriteria sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik edukasi berbasis multimedia yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.

References

[1] Aji, S, D., Hudha, N, M & Rismawati, A, Y. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemempuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal. 1(1), 36-51.
[2] Syahrir., Susilawati. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala. 1(2), 166
[3] Sutarti, T., Irawan, E. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Sleman: CV Budi Utama.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Widiyanti, I. S. R. ., & Arista, Z. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKASI BERBASIS MULTIMEDIA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SD. Prosiding SNasPPM, 5(2), 631–633. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/475