PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING SUITE 8 PADA TEMA MAKANAN SEHAT UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ardita Titis Caesari Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Alat Evaluasi Pembelajaran, Ispring Suite 8;, Tema Makanan Sehat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada tema Makanan Sehat untuk kelas V Sekolah Dasar; (2) mendeskripsikan kelayakan alat evaluasi pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada tema Makanan Sehat untuk kelas V Sekolah Dasar. Melihat guru yang yang masih menggunakan teknik tes tertulis dalam melakukan evaluasi pembelajaran, membuat peneliti tertarik untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 yang penggunaannya diharapkan dapat lebih efektif dan efisien. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian & pengembangan atau research and development (R&D). Sedangkan pengembangan dilakukan mengacu pada model 4-D (Four D Models) oleh Thiagarajan. Model pengembangan ini terdapat 4 tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop), penyebaran (dessiminate). Namun dalam penelitian ini pengembangan alat evaluasi disederhanakan hanya sampai pada tahap develop tanpa tahap dessiminate dikarenakan adanya pandemi Covid-19, sehingga alat evaluasi yang dikembangkan hanya divalidasi oleh para ahli tanpa adanya uji coba dan penyebaran. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa proses pengembangan alat evaluasi telah dilakukan sesuai tahapan yang dikemukakan Thigarajan. Dan hasil rata-rata persentase skor analisis kelayakan alat evaluasi dari ahli materi I dan ahli materi II sebesar 93% dengan kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sedangkan hasil rata-rata persentase skor dari ahli media I dan ahli media II sebesar 95% dengan kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Dengan demikian, setelah dilakukan revisi alat evaluasi yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar.

References

[1] Arifin, Z. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[2] Rohmad, A., dkk. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK) serta Kebencanaan sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Geografi SMA/MA di Kabupaten Rembang. Edu Geography, 1 (2), 1-5.
[3] Wiratsiwi, W. 2013. Pengembangan Modul IPS Berwawasan Pendidikan Karakter pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Kelas V Sekolah Dasar. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sajana Universitas Negeri Surabaya.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Wiratsiwi, W. ., & Caesari, A. T. . (2021). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING SUITE 8 PADA TEMA MAKANAN SEHAT UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 5(2), 524–527. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/476