PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SHOFA FLASH (SF) PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA SUMBER ENERGI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Pengembangan, Media, Shofa Flash, Tema Selalu Berhemat EnergiAbstract
Pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam proses pembelajaran akan menggeser pembelajaran yang membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Permasalahan yang muncul adalah siswa merasa jenuh karena suasana belajar yang monoton karena sebagian besar guru hanya menggunakan satu metode saja untuk semua materi pelajaran yaitu ceramah, sedangkan beberapa mata pelajaran mempunyai banyak materi yang bervariasi sehingga tidak bisa menggunakan hanya satu metode saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran shofa flash (SF) yang digunakan untuk mendukung pembelajaran pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan media ini mengikuti teori model perangkat pembelajaran Four-D Menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Penelitian pengembangan media ini disederhanakan hanya sampai pada tahap develop. Data pengembangan media berupa hasil validasi dari para ahli, data validasi diperoleh dari hasil penilaian para ahli dengan menggunakan instrumen penilaian media. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata skor yang didapat dari ahli materi adalah sebesar 81,1%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. rata-rata skor yang didapat dari ahli media adalah sebesar 93,75%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi.
References
[2] Wicaksono, S. 2016. The Development Of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 In Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1 (1), September 2016.
[3] Qomariyah, N, & Julaikah, Imroatu, D. 2018. Pengembangan Media Jeopardy Game Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Laterne. Volume VII Nomor 1 Tahun 2018.
[4] Wiratsiwi, W. 2013. Pengembangan Modul IPS Berwawasan Pendidikan Karakter Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Kelas V Sekolah Dasar.