PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA PADA MATERI KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V
Keywords:
Ketrampilan Menulis, Media Gambar PeristiwaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa sekolah dasar kelas V sehingga perlu dikembangan media yang sesuai dengan materi tersebut. Penembangan media gambar di harapkan untuk meningkat kemampuan siswa kelas V sekolah dasar . Penelitian awal ini merupakan penelitian pengembangan Media Gambar peristiwa untuk meningkatkan kketerampialn menulis khususnya kelas V. Pengembangan Media Gambar peristiwa dibuat berdasarkan tujuh indikator. Media Gambar peristiwa ini di uji dengan satu validator, yaitu validasi isi. Hasil dari uji validatas tersebut menyatakan 80% validasi ahli isi. Berdasarkan hasil validasi tersebut validasi ahli isi menunjukkan Media Gambar peristiwa termasuk dalam katergori layak. Maka dapat disimpulkan bahwa Media Gambar peristiwa ini dapat menjadi salah satu alat pembelajaran alternatif untuk meningkatkan keterampialn menulis peserta didik khususnya pada sekolah dasar. untuk diharapkan produk yang dihasilkan dapatlayak digunakan dalam pengembangan ketermapilan menulis pada siswa kelas V sekolah dasar.
References
[2] Arief S. Sadiman dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
[3] Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran, Ed. Revisi- cet.19. Jakarta: Rajawali Pers.
[4] Limbong, Simarmata. 2020. Media dan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
[5] Setyosari, Punaji 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
[6] Sugiyono, 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.