PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI KECEPATAN DAN DEBIT UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
LKS, Realistic Mathematics Education, Kecepatan dan Debit, kelas V SDAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) materi kecepatan dan debit untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, serta untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) materi kecepatan dan debit untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu define (Pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam penelitian ini hanya sampai pada validasi di tahap develop (Pengembangan) tanpa tahap disseminate (penyebaran). Hal ini karena dampak Covid-19. Sehingga uji coba tidak dapat dilakukan. Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi LKS berbasis RME. Lembar validasi ini digunakan untuk memperoleh data tentang kelayakan LKS. Validasi oleh ahli materi dan ahli media dilakukan dengan cara menilai beberapa aspek yang telah dibuat peneliti. Berdasarkan hasil uji validasi diperoleh hasil bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sangat layak untuk digunakan. Kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) diuji dengan lembar validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Karena didapatkan angka validasi materi 94,077% dan validasi media 92,21% dan telah mengalami revisi produk sehingga disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) layak dan menjadi produk akhir yang dapat diujicobakan.
References
[2] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2013 tentang standar kompetensi lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. BHOKPN. Jakarta
[3] Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendekatan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[4] Ambarita, Alben. 2012. Pengembangan Model Realistic Mathematics Education. Pada Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat, KPK dan FPB di SD. Jurnal Sekolah Dasar: 1.
[5] Wiratsiwi, Wendri. 2013. Pengembangan Modul IPS Berwawasan Pendidikan Karakter pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Kelas V Sekolah Dasar. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sajana Universitas Negeri Surabaya.