PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN SUB TEMA MANFAAT TUMBUHAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA PEMBELAJARAN PERTAMA PADA KELAS III

Authors

  • Djoko Apriono Universitas PGRI Ronggolawe
  • Diah Puji Astuti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan, perangkat pembelajaran, Joyful Learning

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang dibutukan saat ini. Pada kurikulum 2013 menyatakan bahwa pembelajaran berpusat pada siswa (student center) sehingga siswa membutuhkan pembelajaran yang menyenangkan serta memotivasi agar lebih giat dalam belajar. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilakan perangkat pembelajaran pendekatan joyful learning yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangankan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan penilaian. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model 4D yang terdiri atas empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah validasi ahli untuk mengetahui keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang menunjang pendidikan karakter. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan rata-rata skor 3,87; Komponen dari RPP memperoleh skor rata-rata 3,90 dengan kategori sangat layak. Komponen dari LKS memperoleh skor rata-rata 3,85 dengan kategori sangat layak, dan komponen evaluasi / penilaian memperoleh skor rata-rata 3,86 dengan kategori sangat layak.

References

[1] Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA. Volume 3 Nomor 1.
[2] Dewi, D A P dan Wibawa, S C, 2017. Pengembangan Game Edukasi “KRISHNA ADVENTURE” dengan Metode Pembelajaran Menyenangka (Joyful Learning). Jurnal IT-EDU. Volume 01 Nomor 02.
[3] Anggoro, Subuh. 2014. Pendekatan Joyful Learning Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Kajian Teoritis Dan Neurosains) Disertai tidak diterbitkan. Purwokerto. program Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
[4] Astuti, Made Sri Yuli 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Rendang. Disertai tidak diterbitkan
[5] Rahayu, Arum Putri. 2015. Menumbuhkan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. JURNAL PARADIGMA Volume 2, Nomor 1.
[6] Setiawan, Aris. 2015. Penerapan Belajar Kelompok Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 7 Tahun ke IV.
[7] Fauziyah, Layin dan Jailani. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Menunjang Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 2.
[8] Prasetyo, I dan Winarko, R. 2018. Pengaruh Diklat dan Motivasi Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP Inovatif Di Gugus 06 Kecamatan Bojonegoro. Jurnal Manejerial Bisnis Vol. 2 No. 1

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Apriono, D., & Astuti, D. P. . (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN SUB TEMA MANFAAT TUMBUHAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA PEMBELAJARAN PERTAMA PADA KELAS III. Prosiding SNasPPM, 5(2), 530–533. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/480