PENGGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anggun Winata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dita Dwi Ratnasari Universitas PGRI Ronggolawe
  • sri cacik Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

literasi sains, media, scrapbook

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi gaya dan gerak yang terdiri dari tujuh indikator. Menurut hasil surve PISA dan TIMSS tahun menyatakan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia termasuk dalam kategori rendah. Penelitian awal ini merupakan penelitian pengembangan scrapbook berbasis literasi sains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains khususnya kelas IV. Pengembangan media scrapbook ini dibuat berdasarkan tujuh indikator literasi sains. Media scrapbook di uji dengan satu validator, yaitu validasi materi. Hasil dari uji validatasi tersebut menyatakan hasil 100%. Berdasarkan hasil validasi tersebut validasi ahli isi menunjukkan media scrapbook termasuk dalam katergori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa kscrapbook ini dapat menjadi salah satu alat pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik khususnya pada sekolah dasar.

References

[1] Cecep, Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Jl Tambra Raya No.23 Rawamangun
[2] Arief S. Sadiman dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
[3] Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran, Ed. Revisi- cet.19. Jakarta: Rajawali Pers.
[4] Limbong, Simarmata. 2020. Media dan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
[5] Setyosari, Punaji 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
[6] Sugiyono, 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Winata, A. ., Ratnasari, D. D. ., & cacik, sri. (2021). PENGGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 5(2), 534–536. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/481