PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS LITERASI SAINS PADA TEMA BENDA BENDA DI SEKITAR KITA SUBTEMA BENDA BENDA DALAM KEGIATAN EKONOMI UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anggun Winata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Khusnul Budianto Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

modul berbasis literasi sains, tema 9 subtema 2, kelas 5

Abstract

Penyampaian pengetahuan dari guru ke siswa dari upaya peningkatan kemampuan literasi sains, dapat mempengaruhi sumber belajar.sumber belajar yang dapat digunakan salah satunya adalah modul pembelajaran. sehingga perlu adanya pengembangan modul pembelajaran khususnya pada sub tema benda benda dalam kegiatan ekonomi untuk melengkapi sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengembangan modul pembelajaran berbasis literasi sains dilakukan dengan langkah penelitian dan pengembangan dari model Thiagarajan yang terdiri dari empat langkah utama yaitu: pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate) yang nantinya dijadikan landasan penelitian. Pengembangan dilakukan meliputi lima langkah pengembangan yaitu 1) analisis masalah, 2) pengumpulan data, 3) pengembangan produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk hasil validasi, hingga menghasilkan desain produk berupa akir berupa modul pembelajaran Tema 9 Subtema 2 untuk siswa Kelas 5 SD. Berdasarkan hasil validasi produk dari pakar materi dan pakar media Hasil analisis data dari angket ahli materi ke I mendapatkan presentase 60% dan ahli materi ke II mendapat 95%, yang artinya produk pengembangan ini valid atau sangat layak untuk digunakan, dari ahli bahasa ke I mendapat presentase 75% dan ahli media ke II mendapat 80%, dari ahli grafisan ke I mendapat presentase 71,54% dan ahli kegrafisan ke II mendapat 78%, yang artinya produk pengembangan ini valid atau sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran tema 9 subtema 2 untuk siswa kelas 5 SD, layak untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran di SD/MI.

References

[1] Gormally, C., Peggy B., & Mary L. 2012. Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Under graduates‘ Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE-Life Sciences Education, 11(2012), 364–377.
[2] Suryaningsih. 2010. Pengembangan Media Cetak Modul Sebagai. Media Pembelajaran Mandiri. Jakarta :Salembo Empat.
[3] Tjipto,U. 1992. Peningkatan dan pengem bangan pendidikan. jakarta: Gramedia pustaka utama.
[4] Riduwan. 2015. Dasar- Dasar Statistika,Bandung: Alfabeta

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Winata, A. ., & Budianto, K. . (2021). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS LITERASI SAINS PADA TEMA BENDA BENDA DI SEKITAR KITA SUBTEMA BENDA BENDA DALAM KEGIATAN EKONOMI UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 5(2), 559–562. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/482