PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERI) PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 UNTUK SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Mega Puspita Sari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Eka Winda Puspita Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media pembelajaran, Media Kokami (Kotak Kartu Misteri)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang juga berperan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Media pembelajaran digunakan sebagai alat, bahan dan sumber dalam kegiatan pembelajaran. Hasil observasi di SDN Kandangrejo 1 kedungpring menunjukkan bahwa kurang inovatifnya metode yang digunakan oleh guru dan tanpa adanya penggunaan media sebagai penunjang belajar siswa sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Upaya untuk mengatasi dengan pengembangan media, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media KOKAMI yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar yang valid. Penelitian ini merupakan penelitianResearch and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Penelitian pengembangan media pembelajaran KOKAMImengacu pada model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan desseminate).Namun adanya wabah Covid-19 yang menyebabkan aktivitas belajar mengajar dilakukan secara online sehingga tidak diuji coba terhadap siswa maka dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop).Hasil pengembangan media KOKAMI setelah melalui uji validasi ahli materi dengan skor rata-rata 84,37%, Skor validasi ahli Bahasa validasi ke-1 dengan skor rata-rata 65 % dan media direvisi berdasar saran yang diberikan kemudian pada uji validasi ke-2 mendapatkan skor rata-rata 85 %, skor validasi ahli media validasi ke-1 dengan rata-rata skor 60,71 % dan media direvisi dengan saran yang diberikan kemudian pada uji validasi ke-2 mendapatkan skor rata-rata 89,28%. Dari skor hasil valisdasi para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media KOKAMI yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah siswa dalam belajar.

References

[1] Adriyani, E. L. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Dilengkapi Glosarium Pada Materi Perubahan Iklim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Proceeding Biology Education Conference, Vol.15(1), 1-9.
[2] Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Cet 3. Jakarta. Rineka Cipta.
[3] Lukad P. S, Valiant. & Siswanto, Budi T. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMKdi Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 4 No 1. 111-120.
[4] Paisah, Neneng. 2012. Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (Kokami) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. Radiasi.Vol.3.No.1.Neneng Paisah.
[5] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV.Alfabeta.
[6] Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
[7] Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A., 2019. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung. PT. Remaja osdakarya Offset.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Sari, M. P. ., & Puspita, E. W. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERI) PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 UNTUK SISWA KELAS IV SD. Prosiding SNasPPM, 5(2), 543–547. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/483