PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK POP UP PADA TEMA 7 SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU KELAS IV SD

Authors

  • Mega Puspita Sari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Laila Nuril Maulidia Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media pembelajaran, Komik Pop Up

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Komik Pop Up pada tema 7 subtema 1 pada kelas IV SD. Agar siswa dapat memahami materi dengan baik, maka diperlukan media yang mendukung. Dalam hal ini media merupakan alat bantu untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, dan keefektifitasan pengembangan media pembelajaran Komik Pop Up. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Sugiyono (2015:408) mengatakan terdapat 10 langkah dalam menghasilkan suatu produk yakni sebagai berikut : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Namun dalam penelitian pengembangan ini peneliti hanya sampai dengan revisi media Komik Pop Up saja, sehingga tidak dilanjutkan sampai ke tahap uji coba produk, di karenakan situasi dan kondisi yang masih dalam Pandemi Covid-19.Berdasarkan penilaian dari para ahli pada tahap I diperoleh rata-rata skor keseluruhan 3.16 dengan klasifikasi cukup yang terletak pada rentang 2.61 < X ≤ 3.40, sehingga peneliti melakukan revisi untuk mendapatkan klasifikasi sangat layak. Pada penilaian dari para ahli pada tahap II diperoleh rata-rata skor keseluruhan 4.44 yang terletak pada rentang X > 4.20 sehingga masuk dalam klasifikasi “Sangat Layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media Pembelajaran Komik Pop Up layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kelas IV tema 7 subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku, dilihat dari penilaian para ahli.

References

[1] Rahmaningrum, Mema. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort Siswa Kelas V, (Online), edisi 9 tahun ke-5.
[2] Nariswari, Rahajeng Sita.2018. Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Klaten, (Online).
[3] Purwaningrum,Putri Retno.2018. Pengembangan Mepozle (Media Pop Up Puzzle) Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 1 Kelas 4 SD, (Online).
[4] Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta
[5] Witantyo, Maulana. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Uno Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 4 Smk Ypkk 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017, (Online),

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Sari, M. P. ., & Maulidia, L. N. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK POP UP PADA TEMA 7 SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU KELAS IV SD. Prosiding SNasPPM, 5(2), 563–569. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/484