PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Jayanti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Buku Bergambar, Menulis Puisi, Kelas IV SD/MI

Abstract

Pengembangan media buku bergambar ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan produk berupa media buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas IV Sekolah Dasar. 2) Menjelaskan hasil pengembangan media buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas IV Sekolah Dasar. 3) Mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas IV Sekolah Dasar. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan penelitian pendidikan dengan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah dalam pengembangannya. Hasil pengembangan media pembelajaran buku bergambar berdasarkan penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk, uji coba skala kecil, dan revisi akhir serta penyempurnaan produk. Hasil pengembangan media pembelajaran buku bergambar ini memenuhi kriteria Sangat Valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 100%, ahli desain media tahap pertama mencapai tingkat kevalidan 78%, untuk selanjutnya tahap kedua mencapai tingkat Sangat Valid 100%. Dan ahli bahasa tahap pertama mencapai tingkat kevalidan 82,8%, dan untuk tahap kedua mencapai tingkat Sangat Valid 97% . Dapat disimpulkan berdasarkan skor rata-rata penilaian dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku bergambar menulis puisi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Sangat Valid. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media buku bergambar ini adalah diharapkan adanya penelitian tentang pengembangan media tentang pembelajaran karya sastra selain puisi seperti prosa dan pantun.

References

[1] Nurgiyantoro, Burhan.2010 Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
[2] Zulela. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar.
[3] Borg, W.R and Gall, M.D 1983. Education research:an introduction. London:Longman,inc
[4] Setyosari, Punaji 2013. Metode penelitian Pendidikan &Pengembangan, Jakarta: Kencana

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Wiratama, N. A. ., & Jayanti, D. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 5(2), 537–542. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/485