PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PADA TEMA 3 PEDULI MAKHLUK HIDUP SUBTEMA 1 HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • sumadi sumadi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Erina Eka Yulistyana Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media pembelajaran, Flashcard, Tema 3 Subtema 1

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan media FlashCard pada tema 3 peduli makhluk hidup subtema 1 hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku dan mengetahui kelayakan media FlashCard pada tema 3 peduli makhluk hidup subtema 1 hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku.Penelitian ini merupakan penelitian diadaptasi dari model pengembangan menurut Thiaganajan, Semmel & Semme, model 4-D menjadi 3-D. Prosedur pengembangan media pembelajaran terdiri dari 3 tahapan yaitu Define, Design, Development, yang digunakan untuk media pembelajaran adalah lembar skala penilaian media pembelajaran divalidasi oleh para ahli, validasi dilakukan oleh tiga ahli materi, ahli media, dan uji coba praktisi yang berkompeten dibandingkan. Namun pada penelitian ini, peneliti tidak sampai pada tahap uji coba produk terhadap siswa karena kondisi pandemi Covid-19. Berdasarkan ahli materi dan media pembelajaran serta uji coba praktisi pendidikan mendapatkan penilaian dengan kategori sangat layak dengan skor 90-100. Dengan demikian, media pembelajaran flashcard pada tema 3 peduli makhluk hidup subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku kelas IV Sekolah Dasar berdasarkan implementasi produk yang dikembangkan diperoleh hasil 90% layak digunakan dalam pembelajaran. Ini artinya media yang di buat telah sesuai tujuan pembelajaran yang diinginkan, sehingga media ini dapat digunakan oleh guru kelas IV Sekolah Dasar khususnya pada pembelajaran tema 3 peduli makhluk hidup subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku.

References

[1] Kurniawati. Diyah Ika. 2017. Pengembangan Media Flashcard pada Pembelajaran IPA Materi Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungan Kelas V SD Negri Gundi Grobogan. Semarang. UNNES.
[2] Sasmita. Agustina. 2018. Pengembangan Silaba dengan Media Flashcard pada Metode Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD. UMM.
[3] Fauziah, Layin dan Jailani. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Yang Menunjang Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasi. Volume 2-nomer 2.
[4] Sudjono. Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

sumadi, sumadi, & Yulistyana, E. E. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PADA TEMA 3 PEDULI MAKHLUK HIDUP SUBTEMA 1 HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 5(2), 552–554. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/487