PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS 1 SD YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BAHASA PRODUKTIF
Keywords:
modul pembelajaran, kemampuan bahasa produktifAbstract
Pembelajaran merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang juga berperan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Menulis dan berbicara adalah dua hal yang mendasar bagi siswa apalagi siswa kelas rendah. Di situasi pandemi covid 19 seperti saat ini siswa tidak di dapat belajar di sekolah, melainkan menggunakan sistem daring. Sedangkan tidak semua siswa mempunyai alat komunikasi yang canggih Modul pembelajaran digunakan sebagai alat, bahan dan sumber dalam kegiatan pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajara yang berorientasi pada kemampuan bahasa roduktif yang dapat digunakan sebagai pendamping bahan ajar siswa Agar siswa dapat belajar mandiri serta mengukur tingkt kelayakan modul dari sisi kebahasaan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model 4-D (four D). hasil pengembangan modul pengembangan setelah melalui uji validasi ahli bahasa ke-1 dengan skor rata-rata 3,25 dan presentase 81,25 %, skor validasi ahli bahasa ke-2 dengan skor rata-rata 4 dan presentase 100 %, dari skor hasil validasi ahli terebut dapat disimpulkan bahwa modul pengembangan yang di kembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai media belajar.
References
558
[2] Irfan, achmad. 2014. Pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah medan elektromagnetik I di jurusan teknik elektro universitas negeri Surabaya. Jurnal pendidikan teknik elektro. 3 (3), 543-551.
[3] Sugiyono.2015. metode penelitian pendidikan. Edisi ke-22. ALFABETA cv.bandung
[4] Ellys luthfi andriyani. 2018. Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual dilengkapi glosarium pada materi perubahan iklim untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proceeding biology education conference vol. 15. Oktober 2018.
[5] Putra Rizki Wahyu Yunian & anggraini Rully. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Jurnal pendidikan matematika, Vol. 7, No. 1, 2016,Hal 39-47
[6] Hutagalung R. 2017. Pengembangan peningkatan pembelajaran model GUIDED DISCOVERY berbasis budaya batak toba untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep tematis siswa smp. PYTHAGORAS,6(1):37-52