PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SD YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN 5M

Authors

  • Arik Umi Pujiastuti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Siti Nur Faizah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan, modul pembelajaran, kemampuan 5M

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengembangan Kelayakan Modul pembelajaran berorientasi 5M pada siswa kelas V SDN GEDONGOMBO IV. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D, yang meliputi empat tahapan pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penilaian kualitas hasil pengembangan modul pembelajaran berorientasi 5M dilakukan oleh satu ahli bahasa, Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi modul pembelajaran berorientasi 5M teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi modul pembelajaran berorientasi 5M . Hasil penelitian ini menujukkan bahwa : 1) Pengembangan Modul pembelajaran berorientasi 5M lebih layak digunakan karena sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah, 2) Kelayakan Modul pembelajaran berorientasi 5M dari Validasi Ahli Bahasa memperoleh skor rata-rata 4 dengan kelayakan sangat baik sedangkan presentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Pengembangan modul pembelajaran berorientasi 5M ini tidak di uji coba, di karenakan adanya suatu kendala yaitu pandemi covid-19.

References

[1] Susanti, Riri. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 2 (2), 156-172.
[2] Setiyadi, Muhammad Wahyu dkk. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology. 3 (2), 102-112.
[3] Pangandosan, Annisa. 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Kelas Rendah di SD Negeri 1 Rawalaut Bandar Lampung. Disertasi Tidak Diterbitkan. Bandar Lampung: Program S1 Bandar Lampung.
[4] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
[5] Latifah, Sri., dan Ratna. 2016. Pengembangan Modul Ipa Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 7 (1), 25-33.
[6] Keumayantti, Nur.,dan Putra, Riski Wahyu Yunita. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Rumus Cepat. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT). 3 (2), 125-138.
[7] Utami, Sri Setio. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Administrasi Humas Dan Keprotokolan Pada Siswa Kelas XI Apk1 Di Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 07 (02), 6-13.
[8] Syahrir dan Susilawati. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Mandala Education.1 (2), 162-171.

Additional Files

Published

2021-05-29

How to Cite

Pujiastuti, A. U., & Faizah, S. N. . (2021). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SD YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN 5M. Prosiding SNasPPM, 5(2), 618–623. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/490