PERAN PERMAINAN BALOK SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK PLUS AT-TAQWA
Keywords:
Permainan Balok, Bermain Area, Konsep BilanganAbstract
Penelitian ini betujuan untuk menilai peran dan efektifitas permainan balok dalam pembelajaran bermain
area sebagai upaya menanam konsep bilangan pada anak usia dini di Plus TK Plus At-Taqwa Brondonglamongan. Permainan balok dipilih berlandaskan karakteristik yang ada yaitu konkret. Permainan balok juga
mudah diamati dari segi bentuk dan ukuran. Untuk mengetahui peran dan efektifitas dari permainan balok
digunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Metodologi deskriptif kualitatif digunakan untuk mencari
data atau informasi mengenai peran permainan balok serta tingkat ekfektifitasnya. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan pengamatan dan wawancara. Data dari pengamatan didapatkan kesimpulan
bahwa permainan balok sangat tepat digunakan untuk menanamkan konsep bilangan. Sedangkan melalui data
wawancara didapatkan data sebagai berikut anak menyukai permainan balok mencapai 100%, anak dapat
menunjukkan angka mencapai 100%, anak dapat membilang angka menggunakan permainan balok mencapai
60%, anak dapat menunjukkan angka selanjutnya mencapai 100%, dan anak dapat menunjukkan angka
selanjutnya pada butir pertanyaan kelima mencapai 100%. Berdasarkan data tersebut peran permainan balok
dalam pembelajaran bermain area sebagai upaya penanaman konsep bilangan sudah cukup efektif.
References
Arsyad, Azhar (2011). Media pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi jakarta
Daryanto (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta Daryanto (20090. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta : AV Publisher
Mardapi, D (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera
Moleong, Lexy J (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Mundir (2013). Statistik Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mustaji, (2013). Media Pembelajaran, Surabaya: Unesa Press.
PPPPTK Matematika Yogyakarta. (2008) Menyusun Instrumen non tes. Yogyakarta : PPPPTK
Rasyid, H., Mansur. (2007) Penilaian Hasil Belajar. Bandung :CV Wacana Prima
Riyanto, Y. (2007) Metodologi Penelitian Pendidikan :Kualitatif dan kuantitatif.Surabaya : UNESA University Press
Branch, Robert Maribe (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach,
Newyork, Springer. Sutirna. (2013) Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta : CV Andi Offset
Sadiman, A.S., Raharjo,R., Haryono, A., dan Rahardjito. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Perkasa
Silverius, S., ( 1991) Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta : PT Grasindo
Stein, M dkk (1997) Designing Effective Mathematics Instruction Direct Instruction Approach. New Jersey : Merill
Sugiono, (2010) Metode penelitian pendidikan. Bandung :CVAlfabeta
Sugiono, (2012) Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta Sugiono (2013)Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung :Alfabeta.
Suyawan, I., dkk (2013) Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika (Peminatan) melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta : Dirjen Dikmen
Utami A. D, dkk (2013) Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan