PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SAINTIFIK DENGAN STRATEGI LIPIRTUP DI SMP

Authors

  • Moh. Mu'minin universitas pgri ronggolawe tuban
  • Wahyu Mulyani

Keywords:

menulis teks deskripsi, strategi lipirtup, pendidikan karakter, pembelajaran saintifik

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 menganut pendekatan saintifik dan
menanamkan pendidikan karakter serta dilaksanakan berbasis teks. Salah satu di antaranya adalah teks deskripsi.
Menulis teks deskripsi merupakan salah satu pokok bahasan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Agar
siswa tertarik dan mudah mengikuti pembelajarn menulis teks deskripsi diperlukan strategi lipirtup. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) skenario pembelajaran menulis teks deskripsi bermuatan pendidikan
karakter berbasis saintifik dengan strategi lipirtup, 2) aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran
menulis teks deskripsi, 3) kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran, dan 4) hasil pembelajaran
menulis teks deskripsi bermuatan pendidikan karakter berbasis saintifik dengan strategi lipirtup. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif studi survey.

References

Dick, Walter and Lou Carey. 1990. The Systematic Design of Instruction.Glenview: Scott, Foresman and Company.
Fenrich, Peter. 1997. Practical Guidelines for Creating Intructional Multimedia Applications. Fort Wort : The Dryden Press Harcourt Brace College Publisher.
Kemdiknas, 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan.
Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kemendikbud.
Kemp, Jerrold E, Gary R. Morrison & Steven M. Ross. 1994. Designing Effective Instruction. New York: Mac Millan Colledge Publishing Company.
Mu‟minin, Moh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Kontekstual. Quantum Jurnal Pendidikan IKIP PGRI Tuban. Tahun III Vol. I.
Mu‟minin, Moh. 2007. Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi dengan Pendekatan Kontekstual di SMA Tuban. Penelitian Didanai Dikti. Tuban: Universitas PGRI
Ronggolawe.
Mu‟minin, Moh. 2009. Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Kontekstual dengan Strategi Lipirtup di SMP. Prospektus, Jurnal Ilmiah Unirow Tuban. Tahun VII, Nomor 1.
Mu‟minin, Moh. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Tuban: Unirow.
Plomp, Tjeerd. 1997. Educational and Training System Design. Enschede The Nederlands: University of Tavente.
Pratiwi, Yuni. 2005. Model Perangkat Pembelajaran Apresiasi Sastra untuk Pendidikan Nilai Moral Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa SMP.
Disertasi Tidak Dipublikasikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Disain Pembelajaran, Instructional Design Principles.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Additional Files

Published

2017-02-25

How to Cite

Mu'minin, M., & Mulyani, W. . (2017). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SAINTIFIK DENGAN STRATEGI LIPIRTUP DI SMP. Prosiding SNasPPM, 1(1), 62–69. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/50