MEMBANGKITKAN PRODUKTIVITAS UMKM MITRA KREASI MELALUI STRATEGI PEMASARAN SECARA ONLINE DI DESA KESIMAN PETILAN

  • Anak Agung Ayu Dian Andriyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Rico Jonssa Aditya
Keywords: COVID-19, UMKM, Ekonomi, Pemasaran

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi Indonesia. tidak saja sektor pendidikan, pariwisata namun sektor ekonomi memberikan suatu kondisi yang sangat memprihatinkan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia. Namun akibat pandemi Covid-19, banyak pelaku UMKM menghadapi berbagai permasalahan ekonomi sehingga secara tidak langsung telah melumpuhkan roda perekonomian di Indonesia. Banyak pelaku UMKM sedang menghadapi permasalahan ekonomi, salah satunya adalah UMKM Mitra Kreasi. Mitra Kreasi adalah usaha kecil yang bergerak di bidang furniture berlokasi di Jln. Noja Sari Gang Bunga Telang No. 99, Banjar Dukuh, Desa Kesiman Petilan, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Permasalahan yang dihadapi oleh Mitra Kreasi meliputi berkurangnya produktivitas dan turunnya omset penjualan serta strategi pemasaran yang kurang maksimal. Ada pula permasalahan lain seperti kendala bahasa, khususnya dalam berbahasa Inggris. Strategi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh Mitra Kreasi adalah dengan mengedukasi pemasaran secara online, seperti pemanfaatan teknologi internet sebagai media promosi. Oleh karena itu, program kerja yang dilaksanakan di UMKM Mitra Kreasi meliputi kegiatan mengedukasikan tata cara pemasaran secara online melalui aplikasi Instagram sebagai media promosi, mengedukasikan cara membuat iklan untuk produk yang dipasarkan  secara online melalui aplikasi Tokopedia, mengedukasikan cara pemanfaatan aplikasi seperti Pinterest dan Youtube dengan bijak untuk mencari ide desain furniture, dan mengajarkan Bahasa Inggris dasar kepada pemilik UMKM beserta pegawainya untuk memberikan wawasan dasar tentang Bahasa Inggris. Pendampingan dan pelatihan dalam memanfaatkan teknologi internet untuk membantu UMKM dalam pemasaran secara online menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

References

[1] Kumparan.com. (2020, 30 Desember). Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. (https://kumparan.com/faridanursafitri19/dampak-covid-19-terhadap-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-di-indonesia-1urxzc2LBXH, diakses 27 Februari 2021).
[2] Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
[3] Supardi, S., Nugraha, N. M., Susanti, N., Sumantri, M. B. A., & Mukhlis, T. I. (2021). PELUANG DAN PERUBAHAN CARA BERPIKIR SAAT PANDEMIK (Pengabdian Kepada UMKM Binaan Kadin Provinsi Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 162-168.
[4] Saryoko, A., Sari, R., Rianto, V., & Rosyida, S. (2020). Pemanfaatan IPTEK Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Masyarakat Pela Mampang Di Masa Pandemi. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 304-310.
[5] Latifah, N. (2020, December). Pemberdayaan Masyarakat Kandri dalam Peningkatan Potensi Wisata di Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020 (Vol. 1, No. 1).
[6] Anggariani, P., & Paramartha, I. G. N. D. (2021). Digital Tourism Transformation (Virtual Traveling) sebagai Solusi Dampak Covid-19 pada Sektor Pariwisata di Desa Kampial, Bali. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(01), 71-77.
[7] Dahlan, M. (2017). Peran pengabdian pada masyarakat dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
[8] Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
[9] Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.
[10] NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
[11] Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.
[12] Oktarina, N., Widodo, J., & Fachrurrozie, F. (2019). Penguatan umkm Melalui Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran di Kecamatan Toroh purwodadi. Jurnal Abdimas, 23(2), 170-174.
Published
2021-08-28
How to Cite
Dian Andriyani, A. A. A., & Rico Jonssa Aditya. (2021). MEMBANGKITKAN PRODUKTIVITAS UMKM MITRA KREASI MELALUI STRATEGI PEMASARAN SECARA ONLINE DI DESA KESIMAN PETILAN. Prosiding SNasPPM, 6(1), 210-215. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/505