PERBEDAAN RASA PERCAYA DIRI ANTARA MAHASISWA YANG SUDAH BEKERJA DAN BELUM BEKERJA DALAM KAITANNYA DENGAN TEMPAT TINGGALNYA PADA MAHASISWA PG-PAUD UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN

Authors

  • Kholifah universitas pgri ronggolawe tuban

Keywords:

Percaya diri, Mahasiswa Bekerja dan Tidak, Tempat Tinggal

Abstract

Rasa percaya diri penting dimiliki oleh setiap manusia demikian juga pada mahasiswa PG-PAUD, karena
dengan percaya diri dapat mempengaruhi seseorang untuk mencapai apa yang diinginkan. Mahasiswa PG-PAUD
memiliki ciri yang agak berbeda dengan mahasiswa prodi yang lain di lingkungan Universitas PGRI
Ronggolawe Tuban. Mahasiswa PG-PAUD sebagian besar sudah menjadi guru PAUD dan sebagian besar sudah
berumah tangga. Penelitian ini membatasi hanya pada mahasiswa yang sudah bekerja dan yang belum bekerja
menjadi guru PAUD. Biasanya mahasiswa yang sudah bekerja memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi
dibandingkan mahasiswa yang belum bekerja menjadi guru PAUD, karena mereka yang sudah bekerja merasa
memiliki pengalaman lebih banyak. Demikian juga karena mahasiawa PG-PAUD banyak yang berasal dari
pedesaan atau berasal dari luar daerah Tuban, maka rasa percaya diri juga ditinjau dari sudut tempat tinggal di
desa dan di kota. Sebagai mahasiswa banyak hal yang dapat dilakukan untuk meraih karir masa depan melalui
pendidikan formal, yaitu mengikuti proses belajar mengajar di dalam kelas ataupun di luar kelas. Untuk
menjalani proses tersebut memerlukan adanya rasa percaya diri. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada
perbedaan rasa percaya diri pada mahasiswa yang sudah bekerja dan yang belum bekerja menjadi guru PAUD
ditinjau dari asal tempat tinggalnya pada mahasiswa PG-PAUD Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Tujuan
penelitian adalah untuk mendiskripsikan perbedaan rasa percaya diri antara mahasiswa yang bekerja dan belum
bekerja menjadi guru PAUD dalam kaitannya dengan tempat tinggalnya pada mahasiswa PG-PAUD Universitas
PGRI Ronggolawe Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yakni hasil pengukuran rasa
percaya diri mahasiswa PG-PAUD yang belum bekerja dan yang sudah bekerja menjadi guru PAUD.
Pengukuran rasa percaya diri menggunakan 44 peryataan dengan kategori pernyataan Favorable 22 pertanyaan
dan Unvorable 22 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan menguji hipotesis perhitungan analisis
statistik menggunakan program SPS Ilmu Program Analisis Dwivariat t-tes antar kelompok. Hasil penelitian
menunjukan tidak ada perbedaan rasa percaya diri antara mahasiswa yang sudah bekerja dan mahasiswa yang
belum bekerja menjadi guru PAUD dan tidak ada perbedaan rasa percaya diri terhadap tempat tinggalnya

References

Arikunto, Suharsini. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan,Jakarta :Bina Aksara.
De Angelis, Barbara. 2005. Percaya Diri Sumber Sukses Kemandirian. Terjemahan SubaktiBakty. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Gerungan. 1996. Psikologi Sosial. Bandung : Eresco Golemon, Daniel.2000. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi.PT Gramedias
Gunarso, Singgih. 2001. Psikologi Praktis Anak dan Orang Tua.Jakarta : PT BPK Gunung Mulia.
Hadi, Sutrisno. 1993. Metode Research. Yogyakarta : Andi Offset.
Hadi, Sutrisno. 2000. Yuni Pamardiningsih. Program SPS. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.
Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Tidak Percaya Diri. Cetakan I. Jakarta : Puspa Swara.
Hartuti, Pudji. 2000. Mengembangkan Kepribadian Dan Perilaku Anak Agar Siap Menghadapi Tantangan Global.Malang : CV. Citra.
Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan SuatuPengantar Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan Istiwidayanti, Sudjarwo. 1996. Jakarta : Erlangga.
Lauster, Peter. 1992. Tes Kepribadian. Terjemahan Safitri. Jakarta : Gaya Media Pratama.
Moedjiono, Dimyati Mohammad. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Monks, F.J. Knoers. A.M.P. Siti Rahayu Haditono. 2002. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : Gajah Mada University Press, Universitas Nijmegen Negeri Belanda.
Nurani, Yuliani Sujiono. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Rakhmat, Jalaludin. 1991. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rusmayanti, 2004.Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja. PT Gramedia Pustaka Utama
Santrock, John W, 1995, Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup). University of Texas at Dallas.Jilid 2. Jakarta, Penerbit Erlangga
Shalahuddin, Mahfudh, Drs. 1993. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Suryosubroto, B. 2002.Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.Jakarta : Rineke Citra.
Wanzler, H. 1993. Proses Pengembangan Diri. Terjemahan Lukito W. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
-----. 2011. Undang-undang Nomor 1 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.
-----. 2007. Undang-undang Nomor 26 Tentang Penataan Ruang

Additional Files

Published

2017-02-25

How to Cite

Kholifah. (2017). PERBEDAAN RASA PERCAYA DIRI ANTARA MAHASISWA YANG SUDAH BEKERJA DAN BELUM BEKERJA DALAM KAITANNYA DENGAN TEMPAT TINGGALNYA PADA MAHASISWA PG-PAUD UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN. Prosiding SNasPPM, 1(1), 70–78. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/51