PERAN E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PERUSAHAAN DI ERA INOVASI DIGITAL: PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

  • Didip Diandra Tanri Abeng University
  • Erwin Syahputra Tanri Abeng University Jakarta
Keywords: Inovasi Digital; Kapabilitas Digital; E-Marketing; Technology Acceptance Model

Abstract

Kehadiran teknologi digital dan inovasi digital saat ini menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kinerja e-marketing perusahaan. Sejak internet dikembangkan pada awal tahun 1990an  kehadirannya telah merubah banyak sisi kehidupan manusia, tidak hanya dari sisi jasa pelayanan komunikasi, namun juga pada sisi bisnis dan pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan kajian literatur terhadap penelitian-penelitian sebelumnya untuk mengetahui peran e-marketing dalam meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan di era inovasi digital. Kapabilitas digital juga sangat diperlukan oleh perusahaan untuk berkompetisi di pasar persaingan bisnis. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan Technologi Acceptance Model (TAM) untuk melihat sejauh mana persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan dalam menggunakan platform digital untuk kegiatan pemasaran, akan cepat diterima dan diterapkan oleh pelaku usaha. Secara holistik, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital dengan gratis, mudah diakses, dan tersedia layanan komunikasi interaktif akan lebih populer dan akan banyak digunakan oleh pelaku usaha dalam kegiatan e-marketing perusahaan.

Author Biography

Erwin Syahputra, Tanri Abeng University Jakarta

Business Administration Study Program

References

[1] R. Tamilarasi and N. Elamathi, “E-COMMERCE- BUSINESS- TECHNOLOGY- SOCIETY,” Int. J. Eng. Technol. Manag. Res., 2020, doi: 10.29121/ijetmr.v4.i10.2017.103.
[2] K. S. Kurniasanti, P. Assandi, R. I. Ismail, M. W. S. Nasrun, and T. Wiguna, “Internet addiction: A new addiction?,” Medical Journal of Indonesia. 2019, doi: 10.13181/mji.v28i1.2752.
[3] A. Grubor and O. Jaksa, “Internet Marketing as a Business Necessity,” Interdiscip. Descr. Complex Syst., 2018, doi: 10.7906/indecs.16.2.6.
[4] A. M. Shaltoni, D. West, I. Alnawas, and T. Shatnawi, “Electronic marketing orientation in the Small and Medium-sized Enterprises context,” Eur. Bus. Rev., 2018, doi: 10.1108/EBR-02-2017-0034.
[5] M. Campbell-Kelly and D. D. Garcia-Swartz, “The history of the internet: The missing narratives,” J. Inf. Technol., 2013, doi: 10.1057/jit.2013.4.
[6] A. Elbanna and M. Newman, “Disrupt the Disruptor : Rethinking ’ Disruption ’ in Digital Innovation,” Mcis 2016 Proc., 2016.
[7] G. Kotler, Philip & Amstrong, Principles of marketing (11 ed.). 2006.
[8] H. Awali, “URGENSI PEMANFAATAN E-MARKETING PADA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI KOTA PEKALONGAN DI TENGAH DAMPAK COVID-19,” Balanc. J. Ekon. dan Bisnis Islam, 2020, doi: 10.35905/balanca.v2i1.1342.
[9] M. Faisal, F. Rani, B. Lecturer, and K. A. Lecturer, “Highlighting the Impact of Electronic Marketing Practices (EMP) on the Performance of SME’s Operating in Least Developed Countries: Evidence from the SME’s Operating in Pakistan,” J. Mark. Consum. Res., 2018.
[10] D. Labanauskaitė, M. Fiore, and R. Stašys, “Use of E-marketing tools as communication management in the tourism industry,” Tour. Manag. Perspect., 2020, doi: 10.1016/j.tmp.2020.100652.
[11] M. K. Anser, Z. Yousaf, M. Usman, and S. Yousaf, “Towards strategic business performance of the hospitality sector: Nexus of ICT, e-marketing and organizational readiness,” Sustain., 2020, doi: 10.3390/su12041346.
[12] C. Popescu, C. Simion, M. Popescu, and R. Dobrescu, “Digital Economy and E-Marketing Advices for Small Businesses,” FAIMA Bus. Manag. J., 2020.
[13] J. J. M. Ferreira, C. I. Fernandes, and F. A. F. Ferreira, “To be or not to be digital, that is the question: Firm innovation and performance,” J. Bus. Res., 2019, doi: 10.1016/j.jbusres.2018.11.013.
[14] B. Dethine, M. Enjolras, and D. Monticolo, “Digitalization and SMEs’ export management: Impacts on resources and capabilities,” Technol. Innov. Manag. Rev., 2020, doi: 10.22215/TIMREVIEW/1344.
[15] A. Kurilova and D. Antipov, “Impact of digital innovation on company performance,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/986/1/012022.
[16] T. T. Sousa-Zomer, A. Neely, and V. Martinez, “Digital transforming capability and performance: a microfoundational perspective,” Int. J. Oper. Prod. Manag., 2020, doi: 10.1108/IJOPM-06-2019-0444.
[17] F. Wiesböck and T. Hess, “Digital innovations: Embedding in organizations,” Electron. Mark., 2020, doi: 10.1007/s12525-019-00364-9.
[18] I. M. Simanjuntak, M., & Sukresna, “Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital Melalui Technology Acceptance Model,” Pros. 11th Ind. Res. Work. Natl. Semin., 2020.
[19] G. C. Nistor, “An extended technology acceptance model for marketing strategies in social media,” Rev. Econ. Bus. Stud., 2019, doi: 10.1515/rebs-2019-0086.
[20] S. Dasgupta and P. Grover, “Impact of Digital Strategies on Consumer Decision Journey: Special,” Acad. Mark. Stud. J., 2019.
[21] M. Alghizzawi, “The role of digital marketing in consumer behavior: A survey,” 2019.
[22] H. Galindo-Domínguez and M. J. Bezanilla, “Promoting time management and self-efficacy through digital competence in university students: A mediational model,” Contemp. Educ. Technol., 2021, doi: 10.30935/cedtech/9607.
Published
2021-08-28
How to Cite
Diandra, D., & Syahputra, E. (2021). PERAN E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PERUSAHAAN DI ERA INOVASI DIGITAL: PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Prosiding SNasPPM, 6(1), 115-119. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/513